Hari Ini Ridwan Kamil hingga Kapolda Jabar Disuntik Vaksin Sinovac

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 25 Agustus 2020 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 525 2266870 hari-ini-gubernur-hingga-kapolda-jabar-disuntik-vaksin-sinovac-dG1mqp2r18.jfif Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah). (Foto : Dok Humas Pemprov Jabar)

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama sejumlah tokoh seperti Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, dan Kapolda Jabar, Irjen Rudy Sufahriadi akan disuntik kandidat vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovach, China pada hari ini, Selasa (25/8/2020).

Ridwan Kamil mengungkapkan, dirinya bersama Pangdam III/Siliwangi dan Kapolda Jabar berharap, pelaksanaan uji klinis vaksin tersebut dapat berjalan dengan lancar.

"Kami bertiga terjadwal di tanggal 25 ya, tanggal 25 itu hari Selasa. Jadi, hari Selasa mohon izin Pak KSAD, Pak Wakapolri, kami akan menjadi relawan di sana bersama masyarakat dan dilakukan penyuntikan vaksin," tutur gubernur yang akrab disapa Emil tersebut pada Jumat 21 Agustus 2020.

Emil memohon doa agar seluruh proses uji klinis berjalan lancar tanpa kendala. Menurutnya, keikutsertaannya menjadi relawan uji klinis sebagai salah satu bentuk bela negara dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Doakan lancar karena kalau ada reaksi-reaksi, ya kami harus bertanggung jawab dan juga menjadi kesaksian. Tapi, sampai hari ini, dari ratusan (relawan yang) sudah (disuntik), alhamdulillah lancar," tutur Emil.

Sementara itu, ia mengaku terus berupaya menjaga tubuhnya tetap bugar dengan berolahraga, termasuk menjaga asupan makanan yang sehat.

Untuk menguatkan batinnya, ia mengaku terus meningkatkan ibadah hingga mencari tahu berbagai informasi terkait apa yang harus dilakukan jika terjadi hal yang tidak diharapkan setelah penyuntikan vaksin.

"Intinya optimistis, yang rada was-was Ibu Cinta (sang istri, Atalia Prasetya)," kata Emil melalui keterangan tertulisnya, Senin (24/8/2020) malam.

Emil mengaku awalnya ia merasa khawatir. Menurutnya, perasaan itu wajar terjadi mengingat dirinya belum pernah menjadi subjek uji klinis vaksin.

Baca Juga : Jadi Subjek Uji Klinis Vaksin Sinovac, Ini Persiapan Ridwan Kamil

"Tapi karena sudah dua jam dikuliahi Prof Kusnandi (Ketua Tim Uji Klinis, Kusnandi Rusmil), sehingga semua kewas-wasan karena tidak mengetahui ilmunya menjadi lebih tenang," ucapnya.

Baca Juga : Izin Usaha 4 Karaoke dan Spa di Tangsel Dicabut Selama PSBB

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini