Puluhan Napi Narkoba Lapas Banceuy "Dibuang" ke Nusakambangan

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 27 Agustus 2020 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 525 2268661 puluhan-napi-narkoba-lapas-banceuy-dibuang-ke-nusakambangan-IgvHTPs2Ta.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

BANDUNG - Sebanyak 37 narapidana atau warga binaan pemasyarakat (WBP) Lapas Banceuy, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, dipindahkan ke Nusakambangan, Rabu 26 Agustus 2020. Sebagian besar merupakan pengedar dan bandar narkoba.

Kalapas Banceuy Tri Saptono Sambudji mengatakan, dari 37 napi yang dipindahkan ke Nusakambangan itu rata-rata merupakan napi dengan masa hukuman 20 tahun penjara ke atas. Bahkan tiga napi di antarnya menjalani hukuman seumur hidup. Barang bukti narkoba para napi itu dalam jumlah besar.

"Mereka yang dipindahkan ke Nusakambangan bisa dikategorikan bandar narkoba yang risikonya tinggi," kata Tri di Lapas Banceuy, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

 Lapas

Tri berharap dengan pemindahan para bandar narkoba napi binaan Lapas Banceuy itu, bisa memutus mata rantai peredaran dan pengendalian narkoba dan berpengaruh signifikan terhadap situasi di dalam lapas, lebih kondusif.

"Tapi tentu dengan isi (jumlah napi) 930 napi, dengan 850 napi di antaranya kasus narkoba, akhirnya kita tetap utamakan siaga satu. Sebab, walaupun sudah di dalam, napi narkoba ini selalu ingin berbisnis. Ini (perjuangan mewujudkan Lapas Banceuy Bersinar), kuat-kuatan aja kita dengan mereka," ujar Tri.

Kalapas Banceuy menuturkan, pemindahan para napi dengan kategori bandar narkoba ini sebagai upaya memutus mata rantai bisnis narkoba, baik jaringan di dalam maupun di luar lapas.

"Jadi yang baru kemarin dipindahkan ke Nusakambangan dari Lapas Banceuy itu 22 orang napi. Namun sebelumnya kami memindahkan 15 napi ke Lapas Gunungsindur. Tapi akhirnya mereka dibuang juga ke Nusakambangan. Jadi dari Lapas Banceuy 37 orang yang dipindahkan ke sana (Nusakambangan)," tutur Kalapas.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini