Share

Kemenhub Akan Terapkan Tiket Elektronik untuk Transportasi Bus Umum

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 28 Agustus 2020 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 519 2269069 kemenhub-akan-terapkan-tiket-elektronik-untuk-transportasi-bus-umum-VpUfYkTK8t.jpg Bus E-Tiket untuk kendaraan bus umum (foto: Avirista/Okezone)

KOTA MALANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat merencanakan penggunaan tiket elektronik atau e-ticketing pada transportasi bus umum yang ada di Indonesia.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan penggunaan e-ticketing akan dilakukan setelah penerapan di armada penyeberangan kapal feri telah berhasil dilakukan.

"E-ticketing Merak, Bakauheuni, Gilimanuk, Ketapang, sudah kita lakukan, berikutnya bus. Semua bus akan menggunakan e-ticketing," ungkap Budi Setiyadi pada Jumat (28/8/2020) di Malang.

Budi menambahkan bila saat ini Kementerian Perhubungan telah membangun sejumlah 34 terminal bus. Nantinya terminal - terminal bus ini sistemnya akan diperbaiki secara berkala.

"Sedang kita perbaiki, masyarakat cukup membeli menggunakan handphone. Saat ini sudah mulai (e-ticketing bus) pilot project kita di (terminal) Pulo Gebang Jakarta, nanti secara bertahap semuanya," beber Budi.

Nantinya masyarakat yang bepergian dengan bus - bus umum tak perlu lagi membeli tiket melalui agen - agen atau offline, melainkan cukup melalui handphone masing - masing beserta pembayarannya.

"Kayak mungkin di bandara itu, kemudian akan menggunakan boarding pass dan masuk ke dalam terminal memberikan kode QR barcode," terang pria kelahiran Banyuwangi ini.

Meski demikian, Budi mengutarakan e-tiketing ini baru akan diterapkan untuk bus - bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) terlebih dahulu, sebelum akan diterapkan ke bus - bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

"Untuk AKAP, tapi kita harapkan AKDP juga, kita harapkan demikian, karena AKDP itu kewenangan provinsi, kalau AKAP nanti semua," tuturnya.

Sementara itu Direktur Perusahaan Otobus (PO) Medali Mas Edi Cahyono mengatakan kesiapan pihaknya menerapkan aturan e-ticketing tersebut. Menurutnya penerapan tiket elektronik ini justru akan membuat nyaman pada penumpang. "Itu kan untuk kenyamanan penumpang. Intinya kan tujuannya menghindari calo - calo," ucapnya.

Ia pun tidak mempermasalahkan bila harus melakukan pengadaan perlengkapan perangkat yang mendukung tiket elektronik tersebut. Namun diakuinya semua butuh proses bertahap dan tak serta merta langsung bisa seluruhnya secara elektronik.

"Semua pasti kan ada proses, kalau dari gambaran tadi sih selama kita mengikuti, saya rasa masih bisa. Sekarang kita kan juga sudah mulai merintis untuk online ticketing," tutupnya.

Sebagai informasi penerapan kebijakan e-ticketing merupakan turunan dari digitalisasi pelayanan angkutan orang yang digagas oleh Kemenhub Republik Indonesia sebagai inovasi melayani penumpang supaya lebih mudah dan nyaman menggunakan transportasi udara, darat dan laut.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini