Lagi, Ratusan Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh

Armia Jamil, iNews · Senin 07 September 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 340 2273729 lagi-ratusan-pengungsi-rohingya-terdampar-di-aceh-jFDW9Vidw3.jpg Pengungsi Rohingya terdampar di Aceh pada Senin 7 September 2020. Foto: Armia Jamil

ACEH - Ratusan pengungsi yang merupakan etnis Rohingya terdampar di Perairan Aceh. Kapal para imigran tersebut bersandar di Kawasan Pantai Ujong Blang, Kota Lhokseumawe, pada Senin (7/9/2020) dini hari.

Kemudian badan PBB untuk penanganan pengungsi yakni UNHCRg tiba di lokasi dan langsung melakukan pendataan. Nantinya yang sakit langsung di evakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Lebih lanjut diketahui pengungsi imigran Rohingya tersebut mencapai 297 orang meliputi 102 laki- laki dewasa, 181 perempuan dewasa, dan sisanya anak-anak.. Mereka kini ditempatkan di Pondok Wisata kawasan Pantai Ujong Blang.

Sementara petugas gabungan dari TNI- Polri dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dibantu oleh masyarakat setempat, langsung mengamankan lokasi.

Baca Juga: Kapal Pengangkut 94 Warga Rohingya Ditemukan di Laut Aceh 

Staf UNHCR Autina Afanti mengatakan, pihaknya masih mendata para pengungsi rohingya dan akan melakukan rapid tes Covid-19. “Sepertinya dari mereka perempuan dan anak kelihatannya sedikit kurang sehat,” ujarnya di lokasi.

Sebelumnya satu unit kapal kayu berpenumpang 94 pengungsi Rohingya masuk ke Perairan Aceh pada Rabu (24/6/2020) sekitar pukul 12:00 WIB. Kapal tersebut berada sekitar 4 mil dari pesisir Pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

Pengungsi Rohingya itu ditemukan oleh nelayan setempat. “Melihat kapal barang mau tenggelam dan selanjutnya ABK atas nama Faisal dan dua rekannya membantu mengevakuasi warga asing tersebut,” ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto yang mendapatkan informasi dari Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil.

Kapal tersebut mengangkut 94 warga Rohingya, terdiri dari 25 pria dan 69 wanita. Kapal itu kemudian dievakuasi menuju Kuala Tanah Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, dan belum diberikan izin untuk sandar ke darat.

Baca Juga: 382 Pengungsi Rohingya Diselamatkan Setelah Dua Bulan Terombang-ambing di Laut

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini