Unik, Siswa SD Terima Rapor di Puncak Gunung

Herman Amiruddin, Okezone · Senin 07 September 2020 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 609 2273686 unik-siswa-sd-terima-rapor-di-puncak-gunung-R2vIvguzsc.jpg Unik, acara penerimaan rapor siswa SD digelar di puncak gunung. Foto: Herman Amiruddin

MAKASSAR - Berbagai cara dilakukan guru untuk bisa bertemu dengan siswanya pada masa pandemi Covid-19 ini. Seperti yang dilakukan seorang guru SD Inpres 184 Tanete di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros, Minggu 6 September 2020.

Kepala SD Inpres 184 Tanete, Hamzah Thalib mengatakan di tengah pandemi seperti ini sekolah masih diliburkan sehingga siswa terpaksa belajar secara online dari rumah masing-masing.

Menurutnya belajar dari rumah secara daring bisa menimbulkan kebosanan bagi siswa. Nah untuk mengusir rasa bosan terebut pihak sekolah melakukan pembagian rapor gunung.

"Jadi di samping keluar alam terbuka, ini sekaligus hiburan," kata Hamzah kepada awak media beberapa waktu lalu.

Dikatakan Hamzah, para siswa dan guru harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk mencapai puncak gunung di Cenrana Baru. Jalur yang ekstrim memberi tantangan buat para siswa ini.

Baca Juga: Dibayar Pakai Sampah, Cara Unik Anak di Malang Belajar Saat Pandemi Covid-19

Kendati demikian, mereka terlihat sangat antusias menerima rapor di salah satu gunung yang merupakan objek wisata baru yang ada di Maros itu.

 

Siswa-siswi ini tidak keberatan acara penerimaan rapor dilangsungkan di puncak gunung dengan ketinggian 1000 mdpl, apalagi Desa Cenrana Baru juga salah satu wilayah yang masuk zona hijau Covid-19. Jadi aman untuk siswa maupun guru-guru yang membagikannya.

"Ini merupakan salah satu langkah untuk menerima rapor di luar sekolah. Kan ini masih pandemi. Penerimaan rapor ini sekaligus jadi hiburan buat siswa," lajut Hamzah.

Para siswa-siswi yang menerima rapor merupakan warga asli di dekat Gunung Sara tersebut. Mereka sudah terbiasa dengan kondisi alam serta lingkungan sekitar.

Baca Juga: Sekelompok Siswi Belajar di Hutan demi Sinyal Internet, Binatang Buas Mengancam

Hamzah melanjutkan, totalnya ada sembilan siswa-siswi yang menerima rapor di atas puncak Gunung Sara. Mereka dari kelas 1 sampai 6. "Mereka datang dengan orangtuanya ke sini saat terima rapor," ungkap Hamzah.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini