Hutan Lindung di Sikka NTT Terbakar

Joni Nura, iNews · Rabu 16 September 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 340 2278470 hutan-lindung-di-sika-ntt-terbakar-8Inzy1afIs.jpg Hutan lindung di Sikka, NTT, terbakar. (Foto : iNews/Joni Nura)

MAUMERE – Hutan lindung di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar, sejak Selasa (15/9/2020) sore. Hingga saat ini petugas masih berusaha memadamkan api.

Berdasarkan pantauan di Andalan, Desa Egon Buluk, Kecamatan Waigete, petugas dari polisi kehutanan, Polsek Waigete, dan Polres Sikka, serta anggota Koramil Talibura masih berusaha memadamkan titik api menggunakan alat seadanya.

Mereka menggunakan peralatan manual. Kondisi medan yang terjal dan berbukit membuat pemadaman api tidak berlangsung maksimal.

Kendati demikian, para petugas terus berusaha mencari sebaran titik api dan melakukan proses pemadam secara manual.

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Sikka, Hery Siswadi, yang ditemui di lokasi mengungkapkan kebakaran hutan di kawasan hutan lindung Egon Ilin Medo terjadi sejak Selasa (15/9) sore.

Hutan lindung di Kabupaten Sikka, NTT, terbakar. (iNews/Joni Nura)

Terkait luas area hutan yang terbakar, ia mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa mengukurnya karena api masih belum bisa dipadamkan. Pihaknya juga sudah mengambil koordinat lokasi yang terbakar untuk dipetakan sehingga dapat diketahui secara pasti luas area yang terbakar.

Sementara itu, ia menyebutkan, pihaknya mengalami kendala peralatan yang masih secara manual ditambah medan hutan yang terjal dan sulit dijangkau.

Baca Juga : Viral, Bule di Bali Ngamuk Gegara Terjaring Razia Masker

“Setiap tahun memang sering terjadi kebakaran di kawasan hutan ini. Mungkin kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan masih rendah,” tuturnya.

Baca Juga : Kompolnas Minta Satpam Tak Semena-Mena karena Seragamnya Mirip Polisi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini