Gugur Ditembak KKB, Ini Sosok Serka Sahlan yang Miliki 4 Anak Kecil

INews.id, · Sabtu 19 September 2020 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 340 2280317 gugur-ditembak-kkb-ini-sosok-serka-sahlan-yang-miliki-4-anak-kecil-E8BEymNIYv.jpg Foto: iNews

PINRANG – Putra terbaik bangsa kembali gugur di Papua. Adalah Serka Sahlan anggota Kodim 1404/Pinrang yang ditugaskan menjaga teritorial di Kabupaten Intan Jaya sejak Juli 2019, tewas ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

(Baca juga: TNI: Penyerangan KKB di Intan Jaya Termasuk Tindakan Terorisme!)

Jenazahnya pun telah tiba di kampung halamannya, di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tangis haru menyambut kedatangan jasad korban, termasuk keluarga dan empat anaknya yang masih kecil-kecil.

Sebelum bertugas di Papua, korban dipercaya menjadi anggota Babinsa Koramil Persiapan Hipadipa. Seharusnya, Serka Sahlan menyelesaikan masa tugas di Papua pada Desember 2020 atau tiga bulan lagi.

Namun kembali lebih dulu ke rumahnya dalam kondisi tak bernyawa. Prajurit yang dikenal baik dan tak pernah mengeluh ini gugur saat terjadi kontak senjata di Kampung Sugapa Lama, Kamis (17/9/2020).

Prajurit yang berada di barisan paling depan ini tertembak dan luka akibat tebasan parang di bagian wajahnya. Tim sempat mengevakuasi korban ke puskesmas, namun nyawanya tak tertolong.

"Kami kehilangan rekan kami, Serka Sahlan. Beliau gugur saat bertugas," ujar Letkol Inf M Wahyudi Amry usai mengantar jenazah korban di Kabupaten Pinrang, Sulsel, Jumat (18/9/2020) malam.

Sebelum dibawa ke rumah duka, jenazah Serka Sahlan dibawa ke Makodim Pinrang untuk penghormatan terakhir. Setibanya di rumah duka, istri dan empat anak korban menganis histeris.

Mereka tak mendapati firasat apa pun terkait kondisi nahas yang menimpa Serka Sahlan saat bertugas di Papua. Keluarga mengaku sudah ikhlas dengan kepergian prajurit TNI yang dikenal penyayang ini.

Jenazah rencananya akan dimakamkam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Pinrang pada Sabtu (19/9/2020) pagi hari ini, dibawa dari rumah duka, tempat tinggal keluarganya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini