Sungai Kumuh Ini Disulap Penuh Warna Warni Laksana Pelangi

Subhan Sabu, Okezone · Senin 21 September 2020 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 340 2280941 sungai-kumuh-ini-disulap-penuh-warna-warni-laksana-pelangi-N6WRxvi7nN.jpg Sungai Dendengan Dalam (foto: Okezone.com/Subhan)

MANADO - Kota Manado kini punya destinasi wisata baru yang letaknya cukup dekat dari pusat kota. Destinasi baru tersebut merupakan sebuah sungai yang berada di Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Paal II, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Namanya Sungai Dendengan Dalam yang merupakan Daerah Aliran Sungai (Das) Sawangan. Tempat yang di atasnya terdapat sebuah jembatan ini sebelumnya kumuh dan penuh sampah, tanaman air, ilalang, serta terjadi pendangkalan sungai.

Awalnya, pemerintah Kelurahan Dendengan Dalam sempat melakukan perbaikan di pinggiran sungai, dekat jembatan dengan membuat taman bermain anak-anak tepat di atas tanah bekas rumah yang hanyut diterjang banjir bandang 2014 silam.

"Sebelumnya disini jadi tempat bermain anak-anak, kemudian kami sudah sempat membangun taman bermain untuk anak-anak, kemudian salah satu bank BUMN membantu kami mensponsori dan merenovasi kembali tempat ini," ujar Lurah Dendengan Dalam, Benny Kaseger.

 Sungai Dendengan Dalam

Selain merenovasi taman bermain anak, sungai yang ada di bawahnya juga disulap menjadi tempat yang indah serta sekelilingnya dicat warna warni laksana pelangi. Tak ayal, lokasi itu kini ramai dikunjungi orang.

Setiap hari, siang hingga malam hari, tempat itu ramai dikunjungi. dari anak kecil hingga orang dewasa. Ada yang main di taman, mandi di sungai, bahkan ada juga yang datang untuk foto-foto. Di malam hari, tempat ini dipenuhi cahaya lampu yang sangat indah membuat pengunjung betah duduk berlama-lama.

Ronald Bilusayang, warga Dendengan Dalam mengaku senang atas perubahan besar yang terjadi di sungai tersebut. Dia mengaku sejak masih kecil sekira tahun 1980 an sering mandi di sungai itu.

"Awalnya memang di tahun 80an kami biasa mandi di sungai, melompat dari atas jembatan, tetapi berjalannya waktu terjadi pendangkalan sungai sehingga kami tidak bisa lagi mandi atau bermain," kata Ronald yang juga sebagai kepala lingkungan setempat

Oleh karena itu, dirinya mengaku bangga taman bermain anak yang dibuat oleh pemerintah kelurahan dibuat lebih bagus lagi oleh salah satu bank BUMN wilayah Manado sehingga menjadi destinasi serta menjadi ikon baru yang cukup menggembirakan bagi warga setempat.

"Yang datang kesini banyak juga pengunjung dari luar yang datang. Ini bukan hanya jadi satu kebanggaan bagi kami masyarakat Dendengan Dalam, juga bagi Kota Manado dan Sulawesi Utara," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini