HUT ke-56 Sulut, Gubernur Olly Turunkan Angka Kemiskinan di Tengah Pandemi

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 23 September 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 340 2282342 hut-ke-56-sulut-gubernur-olly-turunkan-angka-kemiskinan-di-tengah-pandemi-mBQMxrIAae.jpg Tangkapan Layar YouTube

MANADO - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) digelar secara sederhana nan khidmat. Tidak lupa, panitia menerapakkan protokol kesehatan yang ketat akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh provinsi di Indonesia.

Berbagai prestasi gemilang ditorehkan dalam lima tahun kepempimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK), baik di sektor pembangunan maupun pariwisata.

(Baca juga: Makna di Balik Gubernur Olly Pakai Pakaian Adat Sangihe saat HUT Ke-56 Sulut)

Atas keberhasilan tersebut, Sulut menerima medali penghargaan dari pemerintah pusat karena mampu mewujudkan instruksi Presiden di sektor pariwisata.

Selain itu, Olly juga menorehkan prestasi dengan menurunkan angka kemiskinan hingga berada pada angka 7,51% di tahun 2019, dari sebelumnya 8,98% pada tahun 2016, dimana angka kemiskinan di Sulawesi Utara berhasil ditekan hingga satu digit melalui optimalisasi program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan.

Kemudian IPM Sulawesi Utara terus mengalami peningkatan, dari angka 71,05 pada tahun 2016, menjadi 72,99 pada akhir tahun 2019.

"Kita rindu berbuat kebaikan, sehingga masyarakat merasakan kehadiran pemerintah. Apalagi di tengah pandemi ini, kita ingin terus membantu masyarakat melewati masa-masa sulit ini dengan baik," ujar Olly dalam sambutan perayaan HUT ke-56 Provinsi Sulut di Gedung DPRD Sulut, Rabu (23/9/2020).

Gubernur Olly menegaskan bahwa kesejahteraan seluruh masyarakat adalah hukum tertinggi yang ia pegang sebagai gubernur.

“Dukungan masyarakat Sulut dalam kerja mapalus, mapaluse, maposat, gotong royong, hendaknya kesejaheraan rakyat jadi hukum tertinggi bagi kita. Sebab pemerintah ada karena ada rakyat," jelas Olly.

Olly memastikan bahwa segala program yang berakar dari masyarakat akan terus dikerjakan dan pelayanan kepada masyarakat akan terus diutamakan.”Kita rindu berbuat kebaikan untuk kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara," jelasnya.

Karena itu, Olly menjelaskan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan menjadi salah satu program besar yang ia jalankan untuk memaknai masa pengabdiannya sebagai Gubernur Sulut masa bakti 2016-2021.

"Segala daya upaya dan sumber daya kami optimalkan untuk secara betahap dan cepat menurunkan angka kemiskinan. Karena disadari bahwa keberhasilan seorang pemimpin memegang jabatan publik adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Olly Dondokambey.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini