Perjalanan Luar Negeri Perdana, PM Jepang Berencana Kunjungi Indonesia Pertengahan Oktober

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 30 September 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 18 2286314 perjalanan-luar-negeri-perdana-pm-jepang-berencana-kunjungi-indonesia-pertengahan-oktober-ZXaJeTg5MD.jpg Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. (Foto: Kyodo)

TOKYO – Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga berencana menjadikan Indonesia dan Vietnam sebagai negara tujuan perjalanan resmi luar negeri pertamanya sejak menjabat awal bulan ini. Menurut sumber Pemerintah Jepang, Suga berencana melakukan kunjungan ini pada pertengahan Oktober.

Jika rencana itu terwujud, Suga diharapkan akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc. Keputusan mengenai perjalanan ini akan dibuat setelah memeriksa kondisi penyebaran virus corona di kedua negara tujuan, demikian disampaikan sumber itu sebagaimana dilansir Japan Times, Rabu (30/9/2020).

BACA JUGA: Yoshihide Suga Terpilih Sebagai PM Baru Jepang

Rencana untuk mengunjungi dua negara anggota ASEAN ini muncul di saat Jepang berusaha untuk memperkuat hubungan dengan negara kawasan Asia Tenggara di tengah ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China di kawasan tersebut.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan bahwa pertemuan tatap muka antara para pemimpin akan memainkan peran kunci dalam diplomasi.

Dia juga menegaskan kembali bahwa Jepang berupaya untuk mempromosikan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, termasuk pemeliharaan supremasi hukum, kebebasan navigasi dan penerbangan, dan penyelesaian sengketa secara damai, dengan membangun hubungan yang stabil dengan tetangganya.

BACA JUGA: Yoshihide Suga, Putra Petani Stroberi yang Jadi PM Jepang

“Lingkungan diplomatik di sekitar Jepang menjadi lebih sulit untuk diramalkan dan dikendalikan, mengingat meningkatnya partikularisme nasional dan ketegangan AS-China… Kami ingin secara strategis dan mantap mempromosikan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dengan bekerja dengan mitra yang berbagi nilai yang sama,” kata Kato dalam konferensi pers.

Vietnam dan Indonesia juga menjadi tujuan luar negeri pertama bagi mantan Perdana Menteri Shinzo Abe setelah dia menjabat untuk kedua kalinya pada Desember 2012. Abe mengejar hubungan ekonomi dan keamanan yang lebih dekat dan Suga diharapkan untuk mengikutinya setelah berjanji untuk meneruskan kebijakan warisan pendahulunya.

Kedua negara juga memiliki hubungan yang dekat dengan Tokyo.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini