Yoshihide Suga Terpilih Sebagai PM Baru Jepang

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 16 September 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 18 2278579 yoshihide-suga-terpilih-sebagai-pm-baru-jepang-0SpfEzFcBN.jpg Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. (Foto: NHK)

TOKYO - Yoshihide Suga terpilih sebagai perdana menteri Jepang pada Rabu (16/9/2020), menjadikannya pemimpin baru pertama di negara itu dalam hampir delapan tahun. Menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri bulan lalu, Suga menghadapi serangkaian tantangan termasuk menghidupkan kembali ekonomi Jepang yang terpukul oleh krisis Covid-19.

Suga, yang menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet untuk Perdana Menteri Shinzo Abe, dipilih oleh majelis rendah parlemen di mana Partai Demokrat Liberal (PDL) yang berkuasa memegang mayoritas, demikian diwartakan Reuters.

BACA JUGA: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri

Mengingat peran sentralnya sebagai kepala sekretaris kabinet di pemerintahan PM Abe, Suga diprediksi akan melanjutkan kebijakan-kebijakan pendahulunya itu saat memimpin pemerintahan sampai pemilihan umum selanjutnya digelar pada 2021.

BACA JUGA: Terpilih Sebagai Pimpinan Partai Berkuasa, Yoshihide Suga Selangkah Lagi Jadi PM Jepang

Politikus berusia 71 tahun itu mengatakan prioritas utamanya saat menjabat adalah memerangi pandemi virus corona dan mendukung ekonomi Jepang yang berjuang di tengah krisis kesehatan. Dia juga berjanji untuk mencapai beberapa prioritas kebijakan PM Abe, termasuk 'Abenomics', yang menggabungkan kebijakan moneter yang mudah dengan stimulus fiskal.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini