Moeldoko: Jangan Semua Kematian Dikatakan karena Covid-19!

Taufik Budi, Okezone · Kamis 01 Oktober 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 512 2286786 moeldoko-jangan-semua-kematian-dikatakan-karena-covid-19-Kq9iamVbEv.jpg Moeldoko bertemu Ganjar Pranowo (Foto : Okezone.com/Taufik Budi)

SEMARANG - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko, menyoroti isu kenakalan rumah sakit terhadap pasien meninggal selama pandemi Covid-19. Dia menilai harus ada tindakan serius agar isu yang menimbulkan keresahan pada masyarakat ini segera tertangani.

“Definisi ulang perlu dilihat kembali, tentang kematian. Jangan semua kematian itu selalu dikatakan Covid-19, karena Covid-19,” kata Moeldoko usai bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jateng, Kamis (1/10/2020).

“Jangan orang kena Covid-19 di perjalanan kecelakaan, tapi definisi meninggalnya akibat Covid-19. Nah ini perlu kita meluruskan, agar definisi itu tidak disalahartikan,” ujar Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu menyatakan, terdapat pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan manipulasi data tersebut. Untuk itu, perlu dirumuskan definisi yang tepat untuk menyatakan pasien meninggal akibat Covid-19.

“Akhirnya bisa menguntungkan pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan dari sebuah definisi itu. Itu yang perlu ini kita angkat agar ada sebuah kesepakatan yang sama. Bagaimana mengategorikan dengan tepat itu,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan, kedatangannya ke Jawa Tengah untuk memantau secara langsung perkembangan penanganan pandemi Covid-19. Hasil pantauan itu akan berguna untuk percepatan pemulihan secara nasional.

“Salah satu tugas dari Kepala Staf Presiden adalah memonitor dan evaluasi untuk melihat perkembangan penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah. Tadi Pak Gubernur telah banyak memberikan informasi yang sangat komprehensif,” kata dia.

Baca Juga : Moeldoko: DNA Purnawirawan Intelijen Bangun Ketentraman, Bukan Ketakutan!

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menyambut baik gagasan untuk menyamakan persepsi tentang data kematian pasien Covid-19. Dia membenarkan, bahwa isu itu sudah menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

"Tadi Pak Moeldoko tanya, itu bagaimana ya banyak asumsi muncul semua yang meninggal di rumah sakit di-covid-kan. Ini sudah terjadi di Jawa Tengah, ada orang diperkirakan Covid terus meninggal, padahal hasil tes belum keluar. Setelah hasilnya keluar, ternyata negatif. Ini kan kasihan, ini contoh-contoh agar kita bisa memperbaiki hal ini," kata Ganjar.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini