Sempat Ditutup karena Covid-19, Polisi Bakal Buka Jalan Protokol Malang

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 07 Oktober 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 519 2289845 sempat-ditutup-karena-covid-19-polisi-bakal-buka-jalan-protokol-malang-6250j4yX6V.jpg Salah satu jalan protokol di Malang masih ditutup sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Foto: Avirista

KOTA MALANG - Polresta Malang Kota akan mengevaluasi penutupan dua jalan protokol yang sebelumnya diterapkan sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita akan terus evaluasi, sekiranya ini kita upayakan penutupan jalan lalu operasi yustisi ternyata itu berbanding lurus angkanya turun," ujar Kapolresta Malang Kota Leonardus Simarmata pada Rabu (7/10/2020).

Bila angka penambahan pasien Covid-19 di Kota Malang kian menurun dan masuk ke zona kuning, Leo - panggilan akrabnya menyebut besar kemungkinan akan membuka dua ruas jalan protokol utama di Kota Malang.

"Nanti kalau sudah cukup baik ya kalau tidak perlu (ditutup), ya kita buka jalanya sampai (Kota Malang masuk) zona kuning, kita anniv dulu," tuturnya.

Baca Juga: Cegah Klaster Demo Buruh, Polisi Imbau Massa Patuhi Protokol Kesehatan

Menurut Leo, kini Kota Malang berangsur-angsur keluar dari zona merah penyebaran Covid-19 menuju zona oranye. Namun pihaknya menegaskan tetap akan menggiatkan operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 yang dianggap efektif menekan laju penambahan pasien Covid-19.

'Kita lihat nyata sekali semenjak (operasi yustisi) tanggal 4 September kemarin praktis menurun, bukan lagi flat, tapi sudah menurun untuk jumlah penambahan positif. Kita berharap ini senjata kita pada saat ini, untuk tetap mempertahankan kondisi kita ada di zona oranye, kita berharap naik di zona kuning itu target kita ke depan," tukasnya.

Sebelumnya, dua jalan protokol yakni Jalan Ijen dan Jalan Veteran Kota Malang dilakukan penutupan setiap Sabtu dan Minggu. Penutupan dilakukan mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB dan malam hari mulai pukul 19.00 – 24.00 WIB guna mencegah kerumunan yang berpotensi sebagai tempat penularan Covid-19.

Baca Juga: 170 Kematian di Malang, Satgas Covid-19 Sebut Pasien Datang saat Keadaan Sudah Memburuk

Untuk diketahui berdasarkan data terbaru Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Malang, terdapat 1.830 kasus positif terinfeksi. Sebanyak 1.583 di antaranya sembuh dan 178 pasien meninggal dunia.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini