Kasus Mayat Wanita Dibakar Terungkap Berkat Chat Korban ke Anaknya

Bramantyo, Okezone · Jum'at 23 Oktober 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 512 2298584 kasus-mayat-wanita-dibakar-terungkap-berkat-chat-korban-ke-anaknya-0ZM7LzUxHN.jpg Pelaku pembunuhan terhadap wanita yang mayatnya ditemukan terbakar di mobil. (Foto : tangkapan layar)

KARANGANYAR – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi menggelar konferensi pers kasus pembunuhan dan pembakaran seorang perempuan bernama Yulia (42) di Polres Sukoharjo.

Dalam penjelasannya, Kapolda yang didampingi Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan kasus ini berhasil diungkap dalam waktu 1x24 jam dari waktu kejadian, Selasa 20 Oktober 2020 sekira pukul 22.00 WIB.

"Telah kita ungkap dalam waktu 1x24 jam tindak pidana pembunuhan berencana, yakni tindak pidana yang terjadi di halaman toko material Sukoharjo pada pukul 22.30 WIB," ujar Lutfhi, Jumat (23/10/2020).

Menurut Lutfhi terungkapnya kasus ini berkat handphone milik korban yang tidak ikut terbakar. Saat diperiksa, ditemukan salah satu chat dari korban kepada anaknya. Dalam chat tersebut, korban berpesan akan bertemu dengan pelaku pada hari Senin.

"Kita identifikasi labfor dan forensik benar bahwa mayat tersebut berinisial YP, warga Banjarsari. Kemudian kita olah TKP, dan tim 1x24 jam, Rabu pukul 03.00 WIB, pelaku berhasil kita ungkap dengan inisial E. Kita buktikan dari satu persesuaian dari pelaku itu sendiri dan olah TKP dari barang bukti di TKP maupun barang bukti lainnya," tuturnya.

Setelah menemukan bukti chat, polisi langsung bergerak cepat dengan melakukan olah tempat kejadian diduga tempat kejadian.

“Dari keterangan pelaku, kita muncul ke TKP ke dua. Jadi TKP pertama adalah terkait pembakaran mobil dan TKP kedua adalah di wilayah yang sama di salah satu kandang ayam di Bendosari. Di sana ditemukan ceceran darah dan juga linggis kemudian lakban, sandal," tuturnya.

Di lokasi korban dihabisi, ungkap Kapolda, korban dipukul kemudian dilakban dan ditaruh di kandang ayam. Korban sengaja ditaruh di kandang ayam oleh pelaku untuk menunggu malam.

Setelah malam, pelaku kemudian bergeser ke lokasi kedua, dekat toko Bangunan Mekarjaya.

"Dalam waktu dekat akan kita kembangkan kalau perlu nanti untuk melengkapi berkas perkara akan kita lakukan rekonstruksi untuk memperjelas perkara ini," ucapnya.

Baca Juga : Jenazah Yulia yang Tewas Dibakar dalam Mobil Dimakamkan di Karanganyar

Pelaku dijerat Pasal 340 terkuat pembunuhan berencana dan Pasal 365 atau 187 KUHP pembakaran dengan ancaman hukukan seumur hidup atau hukuman mati.

Baca Juga : Sadis! Sebelum Dibakar, Yulia Dihajar Linggis di Kandang Ayam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini