Presiden Polandia, Andrzej Duda Positif Terinfeksi Corona

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 18 2299451 presiden-polandia-andrzej-duda-positif-terinfeksi-corona-sxItAAKOti.jpg Presiden Polandia Andrzej Duda. (Foto: EPA-EFE)

WARSAWA – Presiden Polandia Andrzej Duda telah dites positif virus corona. Duda menjadi kepala negara terbaru yang terinfeksi virus dari Wuhan, China itu sejak pandemi menyebar akhir tahun lalu.

Duda mengumumkan hasil tesnya di Twitter pada Sabtu (24/10/2020), mengatakan bahwa dia tidak merasakan gejala Covid-19 dan baik-baik saja.

BACA JUGA: Selisih Sangat Tipis, Duda Klaim Menangi Pilpres Polandia

"Saya ingin meminta maaf kepada semua yang terkena prosedur karantina karena bertemu saya dalam beberapa hari terakhir," kata Duda sebagaimana dilansir Al Jazeera. "Jika saya mengalami gejala, percayalah, semua pertemuan akan dibatalkan."

Pada Jumat (23/10/2020) Duda mengunjungi Stadion Nasional di Ibu Kota, Warsawa, yang diubah menjadi rumah sakit lapangan untuk merawat pasien virus corona.

Di hari yang sama, ia juga menganugerahkan penghargaan negara kepada Iga Swiatek, petenis Polandia berusia 19 tahun yang menjuarai Prancis Terbuka bulan ini, dan ayah sekaligus pelatihnya, Tomasz Swiatek. Duda dan para Swiatek mengenakan masker dan sarung tangan tetapi berdiri sangat dekat dan berjabat tangan saat presiden memasang pin kehormatan pada mereka.

Iga Swiatek mengatakan dia dan orang lain di timnya tidak memiliki gejala tetapi akan dikarantina setelah tes positif Duda. Dia mengatakan mereka diuji secara teratur dan akan diuji lagi dalam tiga hari.

BACA JUGA: Menteri Lingkungan Positif Corona, 15 Menteri Polandia Dikarantina

Peran konstitusional utama presiden termasuk membimbing kebijakan luar negeri dan menandatangani undang-undang. Tetapi banyak dari tugasnya bersifat seremonial, dan sebagian besar tanggung jawab untuk menjalankan negara terletak pada pemerintahan Perdana Menteri Mateusz Morawiecki.

Polandia pada Sabtu melaporkan 13.628 kasus baru yang dikonfirmasi dan 179 kematian, rekor jumlah kematian harian terkait Covid-19.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini