Keluar Masuk Riau Kini Wajib Membawa Hasil Rapid Test Covid-19

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 26 Oktober 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 340 2299698 keluar-masuk-riau-kini-wajib-membawa-hasil-rapid-test-covid-19-M4mxuT3eFp.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan peraturan terkait warga yang akan bepergian ke luar kota dengan mengantongi hasil rapid test. Peraturan ini terkait libur panjang di akhir bulan ini.

Sekertaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan bahwa hal ini tertuang dalam peraturan Gubernu Riau Nomor 310/PENG/2020. Pengumanan agar warga mengantongi hasil Rapid Test untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

"Bagi warga yang ingin ke luar Riau wajib membawa surat rapid test dengan hasil non reaktif," kata Yan Prana Senin (26/10/2020).

Dalam libur bersama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW berdekatan dengan libur akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu yang akan datang. Diperkirakan banyak warga Riau yang akan memanfaatkan libur panjang dengan bepergian.

"Selama libur dan cuti bersama, harapan kita adalah sedapat mungkin menghindari untuk bepergian dan berkumpul dengan keluarga saja di rumah. Namun jika pun pergi wajib juga memetuhi protokol kesehatan Covid-19," imbuh Yan.

Pemerintah Provinsi Riau sudah membetuk posko beberapa perbatasan seperti dengan Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi. Petugas akan melakukan pemeriksaan pengemudi yang keluar masuk Riau.

"Hasil rapid test non reaktif itu berlaku hanya tujuh hari. Jika tidak membawa hasil rapid test maka warga harus kembali ke tempat asal,"tukasnya.

Saat ini Riau merupakan salah satu daerah dengan tingkat penyebaran Covid cukup tinggi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini