14 Ribu Polisi Kawal Libur Panjang di Jawa Barat

Agus Warsudi, Koran SI · Selasa 27 Oktober 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 525 2300417 14-ribu-polisi-kawal-libur-panjang-di-jawa-barat-YsgcNsnjE1.jpg Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Adrimulan. (Foto: Koran SI/Agus Warsudi)

BANDUNG - Polda Jabar mengerahkan 14 ribu personel untuk mengamankan libur panjang yang dimulai Rabu (28/10/2020) hingga Sabtu (30/10/2020). Belasan ribu polisi tersebut disiagakan di berbagai titik, seperti jalan tol, pusat perbelanjaan, terminal, bandara hingga rest area jalan tol.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, para polisi utamanya disiagakan di jalur Tol Cileunyi, Purbaleunyi, Jagorawi. Lalu di pintu tol, seperti di Cikopo (Purwakarta), Palimanan (Cirebon), Pasteur, Kota Bandung dan lain-lain.

"Kemudian, personel juga disiagakan di rest area tol dan pusat perbelanjaan seperti pasar dan mal. Termasuk pula terminal bus, bandara, pelabuhan, dan stasiun," kata Kabid Humas Polda Jabar, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, polisi juga disiagakan di jalur wisata, seperti Puncak Bogor-Cianjur, Lembang (Kabupaten Bandung Barat), Ciwidey (Kabupaten Bandung), dan Pangandaran. Di kawasan Puncak, polisi akan melakukan buka tutup jalan untuk mengurai jika terjadi kepadatan kendaraan. 

"Puncak Bogor seperti biasa, kalau kepadatan sudah tidak terkendali, ada cara bertindak buka tutup arus. Tentu, tempat wisata ada pengamanan," ujar Kombes Pol Erdi.

Baca juga: Cara PT KAI Cegah Kepadatan Penumpang saat Libur Panjang

Erdi mengimbau para wisatawan disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Namun, lebih baik masyarakat tetap berada di rumah untuk mencegah penularan COVID-19.

Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, hari libur nasional akhir Oktober 2020 jatuh mulai Kamis 29 Oktober yakni Maulid Nabi Muhammad SAW. Sementara libur cuti bersama adalah tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Tiga hari libur mulai Rabu hingga Jumat itu pun merangkai dengan akhir pekan. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini