Kerap Mangsa Ternak, Buaya Sepanjang 3 Meter Ditangkap Warga

Haryanto, iNews · Jum'at 06 November 2020 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 340 2305566 kerap-mangsa-ternak-buaya-sepanjang-3-meter-ditangkap-warga-igi5Fxg3Vy.jpg Warga Desa Munggu, Kecamatan Sungai Selan, Bangka Tengah, menangkap buaya sepanjang 3 meter. (Foto : iNews/Haryanto)

BANGKA TENGAH – Warga Desa Munggu, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menangkap buaya sepanjang tiga meter, Jumat (6/11/2020). Buaya ditangkap lantaran kerap memang hewan ternak warga setempat.

Sontak buaya yang dibawa ke tengah pemukiman itu menjadi objek tontonan warga. Mereka yang penasaran nekat melihat buaya dari dekat lalu menyentuhnya.

"Kalau serangan warga belum pernah, tapi ayam dan anjing sudah beberapa dimakan sama buaya ini," kata warga setempat, Andre.

Menurutnya, ada lebih dari satu buaya yang kerap menampakkan diri dekat pemukiman warga. Mereka yang khawatir lalu berupaya menangkapnya dengan jerat tali.

"Ada tiga ekor buaya, tapi baru satu ini yang berhasil ditanggap. Rencananya duanya lagi mau ditangkap juga. Kami menangkapnya tanpa umpan dan hanya menggunakan jerat tali," ujarnya.

Buaya dalam kondisi terikat dengan sebatang kayu penyanggah tubuhnya, lalu diukur untuk mengetahui panjang. Warga juga menimbang buaya untuk mengetahui bobot hewan purba itu.

"Panjangnya tiga meter dan berat 100 kilo. Kami sudah menghubungi pihak BKSDA untuk diamankan," katanya.

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bangka, yang tiba di lokasi kemudian mengevakuasi buaya agar tak mati.

"Kami mendapat informasi warga ada buaya yang ditangkap. Buaya ini kami selamatkan dan dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi di Air Jangkang, Kabupaten Bangka, untuk di tangkarkan," katanya, Polhut BKSDA Resort Bangka, Bilton Simanjuntak.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini