Vaksin Covid-19 Merah Putih Unair Siap Uji Coba Praklinis ke Hewan

Yudha Prawira, iNews · Senin 09 November 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 519 2306649 vaksin-covid-19-merah-putih-unair-siap-uji-coba-praklinis-ke-hewan-OgGhBSDZYD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengumumkan tahap lanjut dari pembuatan Vaksin Merah Putih, telah sampai pada uji praklinis pada hewan. Berbagai uji coba vaksin Covid-19 ini rencananya akan selesai pada Maret atau April 202.

Pengembangan lanjutan Vaksin Merah Putih dilakukan Senin (9/11/2020) siang, dengan penandatangan MOU antara Unair Surabaya dengan salah satu perusahaan farmasi, bertepatan dengan Dies Natalis Ke-66 Unair.

Menurut Rektor Unair Profesor Mohammad Nasih, per tanggal 9 November, uji coba vaksin ini sudah masuk praklinis, yakni diujicobakan pada hewan tikus dan kera.

Selanjutnya akan dilakukan pembiakan vaksin yang juga bekerja sama dengan sebuah perusahaan farmasi. Diharapkan Vaksin Merah Putih akan selesai melalui tahap uji coba termasuk pada manusia pada Maret atau April 2021.

Semua uji coba praklinis dan klinis Vaksin Merah Putih ini dilakukan di fasilitas sebuah perusahaan farmasi yang berkantor di Bogor, Jawa Barat. Uji coba vaksin pada hewan ini direncanakan dilakukan pada awal Desember 2020.

Baca juga: WHO Jelaskan Cara Kerja Vaksin Covid-19

Selain Unair Surabaya, vaksin eksperimental merah putih juga dikembangkan oleh 5 lembaga lain, di antaranya Eijkman Institut, LIPI dan beberapa universitas.

Vaksin buatan dalam negeri ini menggunakan 2 desain platform, yakni viral vector atau penggunaan spike protein manusia dan peptida atau penggunaan data jumlah rangkaian DNA yang terkena virus.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini