9 Santri di Blitar Positif Covid-19

Solichan Arif, Koran SI · Kamis 19 November 2020 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 519 2312648 9-santri-di-blitar-positif-covid-19-WCPCfzBrjs.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

BLITAR - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar dari klaster Pondok Pesantren di wilayah Kecamatan Wonodadi terus bertambah. Setelah sebelumnya 10 santri dinyatakan positif, pada hari ini, Kamis (19/11/2020), sebanyak sembilan santri menyusul terkonfirmasi positif virus corona.

"Ada tambahan sembilan santri terkonfirmasi positif," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti dalam keterangan resminya.

Sama dengan sebelumnya, sembilan santri tersebut merupakan warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Wonodadi.

Hasil swab test menyatakan mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Uji swab test dilakukan di BBLK Surabaya dan RSUD Srengat. Seperti yang lain, semuanya diisolasi di lingkungan ponpes.

Kondisi tanpa gejala menjadi pertimbangan petugas tidak memulangkan karena khawatir terjadi transmisi lokal (penularan).

"Semuanya menjalani isolasi mandiri di ponpes," kata Krisna Yekti.

Baca Juga : Berita Baik! Kasus Aktif Corona di 61,8% Daerah Indonesia di Bawah 50 Orang

Sampai saat ini petugas masih melakukan tracing yang ditindaklanjuti dengan rapid test dan swab test. Sementara pada hari yang sama ada tambahan empat kasus positif baru COVID-19 lain.

Keempatnya merupakan warga Desa Suruhwadang Kecamatan Kademangan dan Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon. Tiga kasus yang berasal dari Desa Tuliskriyo merupakan klaster keluarga. Mereka terpapar dari salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia akibat Covid-19. "Ketiganya diisolasi di gedung LEC Garum," pungkas Krisna Yekti.

Tercatat hingga 19 November, jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar mencapai 991 kasus. Perinciannya, sebanyak 854 orang sembuh, 76 orang meninggal dunia, 28 orang menjalani perawatan rumah sakit dan selebihnya diisolasi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini