Protes Anggaran Belanja, Demonstran Guatemala Bakar Gedung Kongres

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 22 November 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 18 2314012 protes-anggaran-belanja-demonstran-guatemala-bakar-gedung-kongres-LM0qCYb07H.jpg Gedung Kongres Guatemala dibakar demonstran yang marah dan menuntut pengunduran diri Presiden Alejandro Giammattei, 21 November 2020. (Foto: Reuters)

GUATEMALA CITY - Ratusan pengunjuk rasa menyerang gedung Kongres di Ibu Kota Guatemala karena kemarahan atas anggaran baru di negara Amerika Tengah itu. Massa yang turun ke jalan merusak dan membakar gedung pemerintah selama demonstrasi di Guatemala City pada Sabtu (21/11/2020).

Rekaman video menunjukkan kobaran api keluar dari salah satu jendela bangunan, sementara kepulan asap hitam keluar dari jendela yang berdekatan. Petugas pemadam kebakaran yang menyerbu ke dalam gedung akhirnya bisa memadamkan kobaran api.

BACA JUGA: Badai Eta Tewaskan Setidaknya 50 Orang di Guatemala

Menurut laporan yang dilansir RT, tidak ada luka serius akibat kebakaran tersebut, meskipun beberapa orang dirawat karena menghirup asap.

Di hari yang sama, warga turun ke jalan melakukan protes dan bentrok dengan polisi yang mengenakan perlengkapan anti huru-hara. Pasukan keamanan terekam kamera menembakkan gas air mata ke arah demonstran.

BACA JUGA: Belum Sepekan Menjabat, Presiden Guatemala Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Venezuela

Anggota parlemen Guatemala menyetujui anggaran baru negara itu pada Rabu (18/11/2020) malam, tetapi aktivis oposisi mengatakan bahwa anggaran tersebut lebih memprioritaskan proyek infrastruktur yang berkaitan dengan orang dalam ketimbang layanan sosial. Anggaran itu juga meminta pemotongan belanja kesehatan dan pendidikan.

Para pengunjuk rasa sekarang menyerukan pengunduran diri Presiden Guatemala Alejandro Giammattei. Wakil presiden negara, Guillermo Castillo, telah menyuarakan penentangannya terhadap anggaran dan mengatakan bahwa dia dan Giammattei harus menyingkir demi "kebaikan negara."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini