Musim Penghujan, Damkar Banyak Terima Laporan Ular Masuk Rumah

Adi Haryanto, Koran SI · Senin 23 November 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 525 2314676 musim-penghujan-damkar-banyak-terima-laporan-ular-masuk-rumah-PpljXLM5rQ.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

CIMAHI - Petugas pemadam kebakaran Kota Cimahi banyak menerima laporan pengaduan adanya ular yang masuk dan menetap di rumah. Seperti di musim penghujan kali ini, disinyalir akibat sarang mereka tergenang air, hewan reptil ini berusaha mencari habitat baru dengan masuk ke rumah-rumah.

Seperti dalam dua hari terakhir, ada dua laporan dan evakuasi ular yang masuk ke rumah warga, yakni di Komplek Parama Regency RT 04/15, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan di Kampung Babakan RT 02/04, Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

"Akhir-akhir ini kami banyak menerima laporan seperti itu. Yang laporan di kompleks Parama Regency, sementara di Kampung Babakan hari ini," ungkap Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indrahadi, Senin (23/11/2020).

 Baca juga:

Tanah Longsor Terjang Sukanagara Cianjur, 1 Pengendara Motor Tewas

Puting Beliung Sapu Permukiman Warga, Puluhan Rumah Rusak di Bagian Atap


Dia menjelaskan, untuk yang di kompleks Parama Regency ularnya jenis ular babi atau Elaphe Flavolineata. Ular itu diketahui pemilik rumah sudah ada di dalam dapurnya sekitar pukul 07.50 WIB. Ularnya memiliki panjang 50 sentimeter dengan diameter 2 sentimeter dan masuk spesies ular tikus.

Sedangkan untuk jenis ular yang di Kampung Babakan, Cimahi, jenis ular koros. Ciri fisiknya bagian atas berwarna abu-abu, perak, atau kecokelatan, sedangkan sisi badan bagian bawah berwarna kekuningan. Bagian ekornya berwarna zaitun dengan tepian sisik berwarna kehitaman.

"Ular koros itu dilaporkan masuk ke rumah. Setelah petugas datang tidak lama ular berhasil ditangkap di bagian tengah rumah," terangnya.

Fenomena maraknya, pelaporan adanya ular masuk rumah membuat pihaknya menyiagakan petugas lengkap dengan APD dan Grabstick (alat penangkap ular). Mereka juga dibekali kemampuan penanganan satwa sehingga bisa aman dalam proses evakuasi.

"Di musim hujan laporan ular masuk rumah cukup banyak. Silahkan saja laporkan ke kami, petugas siap membantu evakuasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini