Meteor Terlihat Meledak dan Jatuh di Brasil

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 24 November 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 18 2315239 meteor-terlihat-meledak-dan-jatuh-di-brasil-cgwxoJt6fc.jpg Foto: Twitter

BRASIL - Meteor terlihat melintasi langit, meledak, dan jatuh di Brasil. Fenomena tersebut tertangkap kamera Observatorium Luar Angkasa Heller dan Jung pada Senin (23/11) pagi waktu setempat saat meteor memasuki atmosfer Bumi.

Sistem pengawasan pusat, yang terletak di kota Taquara, mencatat meteor tersebut meledak sekitar 462 mil jauhnya di dekat perbatasan antara Rio Grande do Sul dan Uruguay sekitar pukul 02:31 pagi waktu setempat.

Direktur wilayah selatan Jaringan Pemantauan Meteor Brasil, Carlos Fernando Jung, mengatakan meteor itu memasuki atmosfer pada ketinggian 64 mil dan bertahan 1,05 detik sebelum meledak pada 58,7 mil di atas permukaan.

“Dengan jatuhnya meteor berkekuatan tinggi ini, terbukti bahwa jumlah meteor berkekuatan tinggi terbesar telah terjadi tahun ini sejak 2016, ketika observatorium mulai beroperasi di Rio Grade do Sul,” terangnya, dikutip Daily Mail.

(Baca juga: Bahasa Italia Dinobatkan Sebagai Bahasa Paling Seksi)

Ledakan meteor itu mencatat magnitudo -7 derajat luminositas. Karena angka 0 adalah titik referensi yang ditetapkan pada skala, tampilan negatif sama dengan kecerahan meteor yang lebih besar.

Sebelumnya, penduduk di negara bagian Rio Grande do Sul dan Santa Catarina dibuat kagum pada tanggal 1 Oktober lalu ketika sebuah meteor meledak dan mengeluarkan nyala api yang terang di langit.

Ledakannya mencatat magnitudo -4 derajat luminositas. Meteor itu menempuh jarak 37841,5 mil per jam dan meledak sejauh 13,7 mil di atas kota Vacaria, Rio Grande do Sul.

Diketahui, Observatorium Luar Angkasa Heller dan Jung telah mencatat delapan meteor berkekuatan tinggi yang meledak di atas atmosfer bumi di Rio Grande do Sul pada tahun ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini