Ruang Isolasi RSUD Cikalongwetan Full, Pasien Covid-19 Harus Waiting List

Adi Haryanto, Koran SI · Selasa 24 November 2020 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 525 2315517 ruang-isolasi-rsud-cikalongwetan-full-pasien-covid-19-harus-waiting-list-2ej4W3Ne0X.jpg RSUD Cikalongwetan (foto: Sindo/Adi)

BANDUNG BARAT - Setelah kapasitas bed (tempat tidur) ruang isolasi pasien Covid-19 di RSUD Cililin penuh, kini giliran bed ruang isolasi di RSUD Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang penuh.

Bahkan karena sudah tidak menerima pasien Covid-19 rujukan dari rumah sakit lain, ada sekitar lima pasien yang terkonfirmasi positif kini harus masuk dalam waiting list (daftar tunggu).

"Di kami juga bed sudah penuh, makanya tidak nerima lagi pasien rujukan (Covid-19). Sekarang aja ada lima pasien positif yang daftar tunggu untuk masuk dan tengah menjalani isolasi mandiri," sebut Dirut RSUD Cikalongwetan, Ridwan Abdullah Putra, Selasa (24/11/2020).

Baca juga:

4 Orang Sekeluarga di Blitar Terpapar Covid-19

Satgas Peringatkan 5 Daerah yang Konsisten Alami Kenaikan Kasus Positif Covid-19   

Ridwan menjelaskan, awalnya di RSUD Cikalongwetan tersedia total 43 bed. Sekarang yang tersisa tinggal 20 bed karena SDM yang ada terbatas dan banyak yang sudah kelelahan serta sakit, sehingga hanya menyediakan 20 bed bagi pasien Covid-19.

Semua yang saat ini menjalani isolasi sebanyak 20 pasien, adalah yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala klinis dari mulai ringan hingga berat. Oleh karena itu, mereka harus mendapatkan perawatan secara intensif dan terpisah dari pasien umum.

"Melihat kondisi seperti ini kami akan tambah lagi 10 bed, tapi terkendala dengan SDM dan tenaga medis yang melayani nanti," kata dia.

Dirinya menduga, peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi positif ini dikarenakan mobilitas warga saat libur panjang cukup tinggi. Banyak warga yang melakukan perjalanan ke luar daerah atau berwisata, sehingga bisa memicu penyebaran Covid-19.

"Sebelumnya selalu ada bed yang tersedia tapi pasca-libur panjang ada peningkatan pasien sehingga ruangan isolasi di sini jadi full," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini