Korsel Gagalkan Upaya Peretasan Perusahaan Vaksin Covid-19 oleh Korut

Jum'at 27 November 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 18 2317444 korsel-gagalkan-upaya-peretasan-perusahaan-vaksin-covid-19-oleh-korut-1x8mwsQDBJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

SEOUL - Badan intelijen Korea Selatan telah menggagalkan upaya Korea Utara untuk meretas perusahaan-perusahaan farmasi Korea Selatan yang mengembangkan vaksin virus corona. Hal itu dilaporkan kantor berita News1 pada Jumat (27/11/2020), mengutip seorang anggota komite intelijen parlemen Korea Selatan.

Setelah menerima pengarahan oleh Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan, anggota parlemen Ha Tae-keung tidak mengungkapkan secara rinci berapa banyak dan perusahaan farmasi apa yang menjadi sasaran peretasan. Tetapi, dia mengatakan tidak ada kerusakan dari upaya peretasan tersebut, demikian diberitakan News1.

BACA JUGA: Peretas Targetkan WHO di Tengah Pandemi COVID-19

Belum ada tanggapan langsung dari Korea Utara atas tuduhan tersebut.

Upaya peretasan di Korea Selatan terungkap ketika negara itu bergulat dengan gelombang ketiga pandemi.

Pada Jumat, Negeri Ginseng melaporkan 569 kasus baru virus corona, hari kedua berturut-turut bahwa infeksi telah meningkat lebih dari 500. Namun, tingkat kematian tetap relatif rendah dengan bertambah satu kematian pada Jumat, menjadikan total menjadi 516.

BACA JUGA: China Sebut AS Tak Bermoral karena Tuduh Retas Penelitian Covid-19

Pekan lalu, Microsoft mengungkapkan bahwa peretas yang bekerja untuk pemerintah Rusia dan Korea Utara telah mencoba membobol jaringan tujuh perusahaan farmasi dan peneliti vaksin di Korea Selatan, Kanada, Prancis, India, dan Amerika Serikat (AS).

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini