Angin Puting Beliung Terjang Bengkulu, 7 Rumah Rusak

Demon Fajri, Okezone · Sabtu 28 November 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 340 2317875 angin-puting-beliung-terjang-bengkulu-7-rumah-rusak-oiISjG6gF1.jpg Rumah di Bengkulu rusak diterjang angin puting beliung. (Foto : Okezone/Demon Fajri)

BENGKULU – Sedikitnya 7 rumah di Kelurahan Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, rusak diterjang angin puting beliung pada Sabtu (28/11/2020) pagi.

Kerusakan rumah warga itu ditandai bagian atap yang beterbangan hingga puluhan meter. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Namun, kerugian ditaksir tidak kurang dari puluhan juta rupiah.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu, Edi Susanto mengatakan, angin puting beliung yang menerjang Kelurahan Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, menyebabkan 7 rumah mengalami rusak ringan hingga sedang di bagian atas rumah atau atap.

''Tim TRC BPBD Provinsi Bengkulu telah turun ke lapangan. Saat ini korban bencana alam angin puting beliung mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman,'' kata Edi, saat dikonfirmasi Okezone.

Sementara itu, Forcaster BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Winda Ayu Kusumawati mengatakan, hujan lebat dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Bengkulu, disebabkan adanya pengaruh awan Cumulonimbus/awan CB.

Ia menyebutkan, di dalam awan ini terdapat pergerakan angin yang cukup kuat atau golakan angin. Sehingga menimbulkan angin kencang yang dapat merusak rumah warga. Kecepatan angin, terang Winda, mulai terdeteksi sekira pukul 04.01 WIB. Awan CB dan angin kencang sudah mulai terlihat.

Saat ini, lanjut Winda, sudah memasuki musim hujan yang didukung dengan adanya La Nina. Namun, kata Winda, untuk Bengkulu merupakan wilayah non zoom. Artinya wilayah yang hampir tidak ada perbedaan antara musim kemarau dan musim hujan.

Baca Juga : Puting Beliung Sapu Permukiman Warga, Puluhan Rumah Rusak di Bagian Atap

''Kecepatan angin yang terdeteksi pada pukul 04.01 WIB, sekira 35-40 Knot/63-72 Km/Jam. BMKG sudah melakukan peringat dengan mengeluarkan warning selama 3 hari ke depan,'' kata Winda, saat dikonfirmasi Okezone.

Baca Juga : Angin Puting Beliung Terjang Jambi, 1 Warga Tewas Tertimpa Atap

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini