Putra Mahkota Jepang Akhirnya Restui Pernikahan Putri Mako

Susi Susanti, Koran SI · Senin 30 November 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 18 2318924 putra-mahkota-jepang-akhirnya-restui-pernikahan-putri-mako-S1iDuKMnjF.JPG Foto: Reuters

JEPANG - Putra Mahkota Jepang Fumihito akhirnya menyetujui rencana putrinya, Putri Mako yang ingin menikah dengan kekasihnya yang berasal dari kalangan orang biasa.

“Konstitusi mengatakan pernikahan harus didasarkan hanya pada persetujuan bersama dari kedua jenis kelamin. Jika itu yang mereka inginkan, maka saya pikir itu adalah sesuatu yang perlu saya hormati sebagai orang tua,” ujarnya, dikutip kantor berita Jepang, Kyodo.

Putri Mako awalnya akan menikah dengan Kei Komuro pada 2018, setahun setelah mereka mengumumkan pertunangan mereka. Namun hal ini ditunda. Istana sempat membantah jika penundaan itu terkait dengan masalah keuangan ibunda Komura. Ibunda Komuro dilaporkan meminjam uang dari tunangannya saat itu untuk membayar pendidikan kuliah Komuro. Tapi Komura menegaskan masalah ini sudah selesai.

Sementara itu, Pangeran menegaskan masalah uang harus ditangani terlebih dahulu. “Agar banyak orang diyakinkan dan merayakan (pernikahan), saya katakan ini penting untuk ditangani,” terang Fumihito.

(Baca juga: Singgung Rasisme, Media Massa Raksasa Selandia Baru Minta Maaf)

“Dari sudut pandang saya, saya pikir mereka tidak berada dalam situasi di mana banyak orang yakin dan senang (tentang pernikahan mereka),” tambahnya.

Satt ini, Komuro, sedang menyelesaikan studi lebih lanjut di sekolah hukum Universitas Fordham di New York. Dia mengatakan masalah pinjaman yang belum dibayar untuk mantan tunangan ibunya telah diselesaikan. Tetapi mantan tunangan itu mengatakan kepada media lokal bahwa masalah itu belum terselesaikan.

Sebelumnya, pada September 2017, Putri Mako dan Kei Komuro mengumumkan pertunangan mereka.

Pangeran Akishino terdengar kurang antusias tentang pilihan putrinya sebagai calon suaminya yang non-bangsawan itu. Ini disebut-sebut karena masalah keuangan yang dikatakan membelit Komuro, dan calon menantunya ini berasal dari kalangan biasa, bukan bangsawan..

Usai menikah nanti, Putri Mako akan kehilangan gelar kerajaannya, dan semua dukungan finansial. Dia akan menjadi warga negara biasa.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini