Joe Biden Umumkan Tim Media, Semuanya Perempuan

Susi Susanti, Koran SI · Senin 30 November 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 18 2318975 joe-biden-umumkan-tim-media-semuanya-perempuan-4GGBzdDPu0.jpg Foto: Instagram

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden mengumumkan tim media yang semuanya perempuan. Tim komunikasi senior ini dipimpin Direktur Komunikasi Kampanye Kate Bedingfield.

Bedingfield akan menjabat sebagai direktur komunikasi Gedung Putih Biden. Lalu Jen Psaki, juru bicara lama Partai Demokrat, akan menjadi sekretaris persnya.

Selain itu, Biden juga akan mengangkat seorang wanita menjadi Direktur Kantor Manajemen dan Anggaran. Menurut seseorang yang akrab dengan proses transisi Biden, nama Neera Tanden, yang nenjabat sebagai Presiden dan Kepala Eksekutif Center for American Progress, sebuah wadah pemikir liberal, akan diberi tugas untuk mengawasi pelaksanaan kebijakan Biden.

Ketiganya diketahui pernah bekerja di pemerintahan Barack Obama. Bedingfield pernah menjabat sebagai direktur komunikasi untuk Biden saat dirinya menjadi Wakil Presiden. Lalu Psaki adalah direktur komunikasi Gedung Putih dan juru bicara di departemen luar negeri. Sedangkan Tanden menjabat sebagai penasihat senior Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat saat itu, Kathleen Sebelius.

“Berkomunikasi secara langsung dan jujur kepada rakyat Amerika adalah salah satu tugas terpenting seorang Presiden, dan tim ini akan dipercaya dengan tanggung jawab yang luar biasa untuk menghubungkan rakyat Amerika ke Gedung Putih,” kata Biden melalui sebuah pernyataan, dikutip The Guardian.

(Baca juga: Ratu Elizabeth Dapat Kado Ulang tahun Pernikahan Orkestra Virtual)

“Para komunikator yang berkualitas dan berpengalaman ini membawa perspektif yang berbeda ke dalam pekerjaan mereka dan komitmen bersama untuk membangun negara ini kembali dengan lebih baik,” tambahnya.

Nantinya Karine Jean Pierre, Kepala Staf Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, akan menjabat sebagai wakil sekretaris pers utama untuk presiden terpilih. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai direktur politik regional untuk kantor urusan politik Gedung Putih saat pemerintahan Obama.

Lalu Pili Tobar, direktur komunikasi koalisi dalam kampanye Biden, akan menjadi wakil direktur komunikasi Gedung Putih.

Wanita lain yang diharapkan akan diangkat ke peran senior dalam pemerintahan adalah Cecilia Rouse, yang akan menjadi ketua Dewan Penasihat Ekonomi.

Rouse, ekonom tenaga kerja di Universitas Princeton yang penelitiannya berfokus pada ekonomi pendidikan dan mengatasi ketidaksetaraan kekayaan, sangat disukai kaum progresif. Dia sebelumnya menjabat sebagai anggota dewan di pemerintahan Obama.

Biden juga diharapkan akan memilih Wally Adeyemo, penasihat ekonomi internasional senior dalam pemerintahan Obama, untuk menjabat sebagai wakil utama Janet Yellen di departemen keuangan. Ekonom Jared Bernstein dan Heather Boushey pun diharapkan ditunjuk sebagai anggota Dewan Penasihat Ekonomi.

New York Times melaporkan Biden juga memilih Brian Deese, penasihat lain di bawah Obama, untuk memimpin Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini