Wow, Satu Toilet di Ruang Angkasa Seharga Rp268 Miliar

Susi Susanti, Koran SI · Senin 30 November 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 18 2319006 wow-satu-toilet-di-ruang-angkasa-seharga-rp268-miliar-xnbRLokHsp.jpg Foto: Wikimedia Commons

AMERIKA SERIKAT - Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghabiskan uang di ruang angkasa, jawabannya adalah dengan melihat harga toilet di sana.

Ini didasarkan pada harga toilet di luar angkasa yang sangat mahal. Satu toilet luar angkasa di Stasiun Luar Angkasa (ISS) menelan biaya hingga USD19 juta (Rp268 miliar).

Mengapa begitu mahal? Jawabannya yakni karena toilet luar angkasa memiliki penyedot debu super khusus. Toilet ini membutuhkan rangkaian pipa dan tabung vakum yang rumit untuk menyedot limbah dan mengeringkannya.

Nantinya, air yang diambil akan didaur ulang, dan limbahnya disimpan. Limbah ini akan dikirim kembali ke atmosfer bumi, dan terbakar seperti bintang jatuh.

Pada 2007, NASA setuju membayar USD19 juta (Rp268 miliar) untuk sistem toilet buatan Rusia untuk ISS.

(Baca juga: Joe Biden Umumkan Tim Media, Semuanya Perempuan)

Angka tersebut mungkin terdengar fantastis untuk toilet di luar angkasa. Namun pejabat NASA mengatakan harga itu lebih murah daripada membuat toilet sendiri.

Awal tahun ini, NASA mengumumkan telah meningkatkan sistem toilet luar angkasa dengan desain baru senilai USD23 juta (Rp324 miliar). Desain baru ini berbahan titanium dan tampaknya lebih cocok untuk wanita.

Toilet terbaru ini sedang diuji di ISS sebelum akhirnya pergi ke bulan dengan menggunakan kapsul Orion NASA.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini