Kapolda Jatim Minta Seluruh Kapolres Gelar Operasi Disiplin Protokol Kesehatan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 30 November 2020 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 519 2319025 kapolda-jatim-minta-seluruh-kapolres-gelar-operasi-disiplin-protokol-kesehatan-QRa61Y87O1.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, menginstruksikan kepada seluruh Kapolres jajaran Polda Jatim untuk menggelar operasi disiplin protokol kesehatan (Prokes).

Menurut Nico, hal itu dilakukan lantaran ada korelasi antara operasi tindakan disiplin dengan tingkat kepatuhan dari masyarakat. Pasalnya, makin tinggi operasi disiplin, semakin tinggi pula tingkat kesadaran masyarakat untuk mentaati Protokol Kesehatan.

"Kepada seluruh Kapolres diminta untuk meningkatkan operasi disiplin bersama dengan TNI dan Satgas Covid-19. Tentunya hal ini juga sangat perlu dukungan dari Pemerintah Daerah," kata Nico dalam keterangannya, Jakarta, Senin (30/11/2020).

Nico menjelaskan, ada dua pengawasan yang ketat terhadap potensi kerawanan pelanggar terhadap protokol kesehatan. Kegiatan yang dilakukan, operasi secara mobile dan stasioner.

Lalu, pengawasan yang ketat bisa dilakukan oleh tim di titik-titik tempat keramaian agar diberitaukan kepada masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

"Semua harus sinergi antara TNI, Polri dan Pemerintah untuk bersama sama menjaga serta sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga Protokol Kesehatan. Selain itu kesadaran masyarakat juga harus tetap dijaga mentaati Prokes," ujar Nico.

Sementara itu terkait dengan pengamanan pilkada serentak di Jatim, seluruh personel juga diminta untuk melakukan pengamanan. Mulai di KPU maupun di setiap setiap TPS yang ada diseluruh jawa timur.

Menurut Nico, seluruh personel juga harus siap melakukan diteksi dini untuk mengantisipasi terjadinya Kantibmas saat Pilkada berlangsung.

Baca Juga : Upik Lawanga Aset Paling Berharga Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah

"Kami sudah menyiagakan seluruh personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim. Baik personil yang ada di Polda Jatim, maupun personil yang ada di setiap Polres Jajaran Polda Jatim. Dan anggota harus siap melakukan diteksi dini terhadap kerawanan Kantibmas saat Pilkada berlangsung," ucap Nico.

Sementara itu, Nico mengimbau kepada seluruh jajaran Kepolisian, bahwa Polri wajib netral dalam Pilkada Serentak. Tetap laksanakan Sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah, serta penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu.

"Serta untuk beberapa hari ini sebelum 9 Desember 2020, meningkatkan Patroli Cyber jelang Pilkada. Serta lengkapi anggota Polri dengan APD saat pengamanan pilkada serentak pada 9 Desember 2020," ucap Nico.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini