Penuh, RS Rujukan Covid-19 di Malang Tak Terima Pasien Baru

INews.id, · Selasa 01 Desember 2020 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 519 2319281 penuh-rs-rujukan-covid-19-di-malang-tak-terima-pasien-baru-y2b2BIC2dB.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MALANG – Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19 di Malang Raya penuh. Untuk sementara, rumah sakit yang berada di Kota Malang ini tidak menerima pasien baru, menunggu RS Lapangan selesai.

Pantauan di lokasi, hampir seluruh bed di rumah sakit tersebut berisi. Pihak rumah sakit bahkan telah menempel pemberitahuan, bahwa kapasitas rumah sakit telah penuh. hal ini terjadi di semua rumah sakit rujukan, yakni RS Saiful Anwar, RSUD Kota Malang, RSI Aisyah, RS UMM dan RS Lavalette.

Direktur RSUD Saiful Anwar (RSSA) dr Kohar Hari Santoso mengatakan, hingga saat ini kapasitas ruang isolasi pasien Covid-19 telah mencapai di atas 80 persen. Jumlah tersebut melebihi standar yang ditetapkan badan kesehatan dunia, WHO.

“Untuk di RSSA masih menerima pasien Covid-19, namun perlu pengaturan dan harus menunggu jika ada yang keluar dari ruang isolasi. Selama menunggu ada pasien keluar, pasien baru harus menunggu di UGD sambil menjalani perawatan,” katanya.

Baca Juga:  Epidemiolog Ingatkan Penanganan Pandemi Covid-19 di Jawa Simpan Bom Waktu 

Sementara itu kondisi berbeda terjadi di RSUD Kota Malang. Di rumah sakit milik Pemkot Malang ini seluruh ruang isolasi telah penuh. Karena itu, sejak kemarin sudah diumumkan tidak bisa menerima pasien lagi.

“Kondisi ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di RSUD Kota Malang terbatas. Kami hanya memiliki kapasitas 40 tempat tidur. Karena itu, tidak bisa menerima pasien lagi,” kata Direktur RSUD Kota Malang dr Husnul Muarif.

Baca Juga: Sepakat dengan IDI, Epidemiolog Sarankan Libur Natal dan Tahun Baru Dihapuskan 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini