Survei LSI Denny JA: Elektabilitas 65,7%, Olly-Steven di Ambang Dua Periode

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 340 2320364 survei-lsi-denny-ja-elektabilitas-65-7-olly-steven-di-ambang-dua-periode-Hd1lsFk2wC.jpg Olly Dondokambey-Steven Kandouw saat daftar ke KPU Sulut (Foto: Subhan Sabu)

JAKARTA - Elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) di atas angin menjelang pencoblosan pada 9 Desember 2020. Dari temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabiltas ODSK melambung 65,7%.

"Survei LSI Denny JA terbaru menunjukan bahwa dukungan petahana ODSK saat ini sebesar 65,7 %," demikian data rilis LSI Denny JA seperti dikutip Okezone, Selasa (2/12/2020).

Sementara rivalnya, pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (Cep-Sehan) elektabilitas 26,2 %, dan pasangan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (Vonnie-Hendry) dengan dukungan sebesar 5,5 %. Mereka yang belum menentukan pilihan hanya tersisa sebesar 2,6 %.

Baca Juga: Olly: Waspada Pemimpin Penebar Janji Manis!

Survei tersebut dilakukan pada 19-25 November 2020 menggunakan 800 responden di semua kabupaten/kota di Sulawesi Utara. Survei dikerjakan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan estimasi margin of error sebesar 3,5 %.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, mengapa LSI Denny JA menyatakan ODSK di ambang dua periode, yakni melihat data elektabilitas petahana di atas 60%, jarak elektabilitas petahana dengan kompetitor terdekat +/- 40%. Kemudian, pemilih militan ODSK di atas 55 %, dan dengan data tersebut hampir mustahil kompetitor mampu mengejar elektabilitas tersebut.

"Kekuatan dukungan pasangan petahana merata di semua segmen pemilih penting. Baik mereka yang laki-laki maupun perempuan, pemilih protestan, pemilih muslim, pemilih katolik, pemilih milenial hingga lansia, pemilih berpendidikan rendah hingga kelompok terpelajar, wong cilik hingga mereka yang mapan, dan di semua segmen profesi pemilih," ujarnya.

Adji menambahkan, di pemilih laki-laki, dukungan ODSK sebesar 64,3 %, dukungan Cep-Sehan sebesar 26 %, dan dukungan Vonnie-Hendry sebesar 2,6 %. Sementara pemilih perempuan, dukungan kepada ODSK sebesar 67%, Cep-Sehan sebesar 26,3%, dan dukungan terhadap Vonnie-Hendry sebesar 4,3%.

"Meskipun terdapat dua calon gubernur perempuan, terlihat bahwa dukungan pemilih perempuan ke dua figur tersebut tidak signifikan," katanya. 

Baca Juga: Warga Bolmong Raya Tambah Solid Dukung Olly Steven di Pilkada Sulut

Pada pemilih protestan yang merupakan pemilih mayoritas di Sulut (62,8%), dukungan terhadap ODSK mencapai 71,6 %, Cep-Sehan sebesar 18%, dan Vonnie-Hendry sebesar 7,4%. Di pemilih muslim, dukungan terhadap ODSK sebesar 51,6%, dukungan terhadap Cep-Sehan sebesar 43,7%, dan dukungan terhadap Vonnie-Hendry sebesar 2,6%.

Meskipun pasangan Cep-Sehan dinilai mewakili pemilih muslim, namun dukungan terhadap ODSK lebih perkasa. Alasan kepuasaan terhadap kinerja dan figur ODSK menjadi faktor penting.

"ODSK juga unggul di pemilih milenial hingga pemilih lansia dengan dukungan rata-rata di atas 60%. Begitupun dengan ODSK di segmen pendidikan, ekonomi dan profesi. Rata-rata di atas 60% di setiap kelompok segmen tersebut," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini