Mantan Presiden Prancis Valery Giscard d'Estaing Meninggal karena Covid -19

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 03 Desember 2020 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 18 2320732 mantan-presiden-prancis-valery-giscard-d-estaing-meninggal-karena-covid-19-IQ07YFPe5o.jpg Valery Giscard d'Estaing meninggal dunia di usia 94 tahun. (Foto: Reuters)

PARIS - Mantan Presiden Prancis Valery Giscard d'Estaing, yang merupakan salah satu arsitek integrasi Eropa pada awal 1970-an, meninggal dunia di usia 94 tahun setelah tertular COVID-19.

Giscard, yang merupakan pemimpin Prancis dari 1974 hingga 1981, baru-baru ini dirawat di rumah sakit di Tours, di Prancis barat. Dia meninggal di rumah keluarganya di dekatnya setelah menderita komplikasi yang terkait dengan virus, demikian disampaikan yayasan didirikan Giscard dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Mantan Presiden Prancis Sarkozy Diadili atas Tuduhan Korupsi

Pria kelahiran Jerman itu dirawat di rumah sakit pada September dengan komplikasi pernafasan, dan dirawat di rumah sakit lagi pada pertengahan November.

Terpilih sebagai presiden di usia 48 tahun, Giscard dikenal dengan kebijakannya untuk memodernisasi Prancis, liberalisasi ekonomi dan sejumlah proyek besar termasuk jaringan kereta berkecepatan tinggi, TGV. Dia gagal terpilih kembali dalam pemilihan ulang setelah kemerosotan ekonomi global pada 1970-an.

BACA JUGA: Massa Aksi Bakar Lalu Injak Foto Presiden Prancis Emmanuel Macron

Di Eropa, Giscard bersama dengan mantan Kanselir Jerman Barat Helmut Schmidt menjadi peletak dasar mata uang tunggal Eropa, Euro.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini