Diminta Datang, Ini Arti Penting Kehadiran Trump di Pelantikan Biden

Agregasi Sindonews.com, · Sabtu 05 Desember 2020 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 18 2321919 diminta-datang-ini-arti-penting-kehadiran-trump-di-pelantikan-biden-I4h0eY4cTd.jpg Presiden Terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden meminta petahana Donald Trump untuk hadir pada pelantikannya, 20 Januari 2021. Menurut Biden, kehadiran Trump memiliki arti penting bagi Amerika Serikat.

Berbicara dengan Jake Tapper dari CNN bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dalam wawancara bersama pertama mereka sejak pemilihan presiden (pilpres), Biden ditanya apakah dia ingin Trump menghadiri acara pelantikannya bulan depan.

BACA JUGA: Trump Isyaratkan Bersiap Tinggalkan Gedung Putih

Biden mengatakan kehadiran presiden yang akan lengser akan memiliki satu arti yang penting.

“Tidak dalam arti pribadi, penting dalam arti bahwa kita dapat menunjukkan di akhir kekacauan ini - yang dia ciptakan - bahwa ada transfer kekuasaan secara damai dengan pihak-pihak yang bersaing berdiri di sana, berjabat tangan, dan terus maju," terang Biden.

"Ini sepenuhnya keputusannya dan bukan konsekuensi pribadi bagi saya," tambahnya. "Tetapi saya pikir itu untuk negara," tegasnya seperti dikutip dari Independent, Jumat (4/12/2020).

Sampai saat ini, Trump belum mengakui kekalahannya, meski Biden telah memulai proses transisi dan menunjuk sejumlah anggota kabinetnya.

BACA JUGA: Umumkan Calon Anggota Kabinetnya, Biden: AS Siap Pimpin Dunia

Trump belum mengatakan apakah dia akan menghadiri acara pelantikan atau tidak, tetapi menurut laporan yang diterbitkan oleh NBC News pada Rabu (2/12/20202), dia berencana untuk melewatkannya. Trump bahkan tidak akan mengundang Biden dan istrinya Jill, untuk berkunjung ke Gedung Putih, seperti yang biasa dilakukan presiden yang lengser.

Ketika Trump terpilih pada 2016, dia diundang ke Gedung Putih oleh presiden Barack Obama.

Beberapa laporan media AS juga mengatakan bahwa Trump dapat mengumumkan pencalonannya pada 2024 sekitar waktu yang sama, sesuatu yang telah diisyaratkan oleh banyak pembantunya.

Minggu lalu Daily Beast melaporkan melalui sumber bahwa presiden tidak hanya dipastikan mencalonkan diri pada 2024, tetapi dia juga berencana membuat pengumuman pada minggu pelantikan atau bahkan hari yang sama jika upaya hukumnya untuk membatalkan pemilu tidak membuahkan hasil.

Tim presiden dilaporkan telah mulai mengerjakan persiapan untuk merebut kembali Gedung Putih, dan Trump mengatakan pada pertemuan Komite Nasional Republik minggu ini bahwa dia akan bertemu mereka dalam empat tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini