Kasus Covid-19 di Jatim Meningkat, TNI-Polri Siapkan Penegakan Aturan Prokes

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 05 Desember 2020 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 519 2322392 kasus-covid-19-di-jatim-meningkat-tni-polri-siapkan-penegakan-aturan-prokes-FANCvMIyoM.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

MALANG – Polda Jawa Timur dan Kodam V Brawijaya siap mendukung langkah pemerintah provinsi Jawa Timur untuk melakukan penegekan disiplin protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal ini disampaikan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto saat rapat koordinasi kepala daerah Malang raya dengan Forkopimda Jawa Timur di Kota Malang.

“Tadi sudah menyampaikan beberapa hal terkait Malang Raya, khususnya karena ada satu daerah Kota Batu ini dinyatakan merah. Kodam V Brawijaya akan back up pemda Jawa Timur, kita akna meningkatkan operasi penegakan protokol kesehatan,” ungkap Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto kepada media.

Pihaknya juga memerintah jajaran Kodam V Brawijaya kembali aktif bergerak melakukan mengingatkan penegakan protokol kesehatan Covid-19.

“Jadi setiap kodim, koramil, akan mulai lagi masuk ke kampung, untuk memberikan arahan dan imbauan, kepada masyarakat untuk memakai masker. Selanjutnya bekerja sama dengan Polda, menegakkan operasi yustisi,” ujar Suharyanto, Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga : 58 Tenaga Medis RSUD Soedomo Trenggalek Positif Covid-19

Baca Juga : Pihak JK Lapor Polisi soal Rekaman Suara "Dalang Penangkapan" Edhy Prabowo

Sedangkan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta juga menegaskan dukungannya dalam menguatkan peran kampung tangguh dalam menanggulangi Covid-19 di tingkat terkecil. Selain penguatan kampung tangguh, Nico juga akan menyasar sejumlah komunitas masyarakat yang ada di Jawa Timur untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami akan melaksanakan penguatan kampung tangguh, yang di dalamnya bersi jajaran pemda dan komponen masyarakat. Selanjutnya, kami akan melaksanakan penguatan komunitas. Jadi komunitas yang ada di masyarakat akan kami berdayakan dalam mencegah penyebaran COVID-19,” bebernya.

Kedua institusi baik TNI dan Polri ini juga sepakat kembali akan menegakan sanksi bagi masyarakat yang tidak patuh dalam protokol kesehatan Covid-19.

“Bagi warga masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker dengan baik, maka akan diberikan sanksi ringan sesuai ketentuan berlaku,” kata Suharyanto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini