Dokter Ahli Bedah Ulang Tahun, Operasi Bisa Berpotensi Gagal

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 12 Desember 2020 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 18 2326055 dokter-ahli-bedah-ulang-tahun-operasi-bisa-berpotensi-gagal-S3gSn7Maow.jpg Foto: Alamy Stock Photo

AMERIKA SERIKAT - Operasi yang dilakukan ahli bedah yang sedang berulang tahun dinyatakan akan mengalami kegagalan lebih besar.

Penelitian terbaru ini mengungkapkan kegagalan ini bisa disebabkan karena beberapa gangguan. Peneliti mengatakan gangguan itu bisa berupa rencana makan malam hingga pesan ucapan selamat yang bisa membuat mereka lebih rentan melakukan kesalahan.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam British Medical Journal, adalah yang pertama memberikan bukti jika ahli bedah dapat mengalami gangguan pada hari ulang tahun mereka.

Para peneliti menganalisis data pasien lansia yang meninggal dalam 30 hari setelah menjalani operasi di rumah sakit di Amerika Serikat (AS) antara 2011 dan 2014. Angka-angka tersebut kemudian dirujuk silang dengan informasi tentang hari ulang tahun ahli bedah.

Kesimpulan ini didasarkan pada pengamatan terhadap satu juta prosedur pembedahan pada pasien di Amerika. Saat itu, lebih dari 2.000 pembedahan dilakukan oleh seorang ahli bedah pada hari ulang tahun mereka.

Mereka menemukan jika tingkat kematian pasien lanjut usia (lansia) yang tidak dioperasi pada hari ulang tahun dokternya adalah 5,6 persen. Sedangkan tingkat kematian lansia yang diperasi saat dokter berulang tahun meningkat hingga 6,9 persen. Angka kematian ini dihitung 30 hari setelah operasi.

(Baca juga: Viral Ular Tanpa Kepala Serang Seorang Lelaki dan Anjingnya)

Dr Yusuke Tsugawa dari University of California, Los Angeles, yang melakukan penelitian tersebut, mengatakan ahli bedah dapat berada di bawah tekanan waktu yang relatif lebih tinggi, yakni merasa terburu-buru untuk menyelesaikan prosedur tepat waktu pada hari ulang tahun mereka karena mereka mungkin memiliki rencana malam yang penting.

Namun, dia mengatakan penelitian tersebut tidak dapat memastikan jika kematian ini pasti terkait dengan hari ulang tahun dokter karena penyebab kematian tidak dipelajari. Dia juga mencatat kurangnya informasi rinci tentang peristiwa yang berpotensi mengganggu.

“Percakapan ulang tahun dengan anggota tim selama prosedur pembedahan bisa mengganggu, yang menyebabkan kesalahan medis,” terangnya, dikutip Daily Mail.

“Ahli bedah mungkin menerima pesan ulang tahun di ponsel mereka di ruang operasi, yang dapat menjadi sumber gangguan potensial,” ujarnya.

“Ada kemungkinan jika ahli bedah mengizinkan peserta pelatihan bedah untuk berbuat lebih banyak pada hari ulang tahun ahli bedah agar bisa pulang lebih awal untuk perayaan atau alasan terkait ulang tahun lainnya, yang mengarah pada hasil yang lebih buruk,” jelasnya.

Sebelumnya, penelitian lain menemukan jika kebisingan, masalah peralatan, dan percakapan pribadi dapat merusak kinerja ahli bedah.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini