Viral Pungli di Jalan Tol, jika Tak Memberi Mobil Dilempar Telur

Yudha Bahar, iNews · Senin 14 Desember 2020 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 608 2327660 viral-pungli-di-jalan-tol-jika-tak-memberi-mobil-dilempar-telur-PqR9dqQHVX.jpg Tangkapan layar aksi pungli di jalan Tol Belmera (Foto: Media Sosial)

MEDAN - Empat orang pelaku pungutan liar (pungli) di pintu masuk Tol Belmera, Kecamatan Medan Belawan Kota Medan, Sumatera Utara yang melakukan pelemparan ke mobil beberapa waktu lalu berhasil ditangkap Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan. Video pelemparan sempat viral di media sosial.

Dari rekaman video amatir yang diabadikan sopir pikap, terlihat aksi pelemparan sejumlah pemuda di kawasan pintu masuk Tol Belmera Kecamatan Medan Belawan Kota Medan yang viral beberapa waktu lalu, sempat mengkhawatirkan pengguna jalan tol.

Baca Juga:  Viral Ketua RT di Jelambar Diduga Pungut Biaya untuk Warga Ambil Bansos

Setelah mendapatkan laporan dari sejumlah korban, Satreskrim Polres Pelabuhan Belawan berhasil menangkap 4 orang pelaku pelemparan yang sering menghentikan sejumlah mobil di tengah jalan tol, kemudian mengancam serta melakukan pungli.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Muhammad R Dayan mengatakan, jika sopir tidak menghentikan mobilnya, maka pelaku pungli akan melempar mobil korbannya dengan telur dan batu.

Keempat pelaku yakni, Bungsu Malau, Awaludin, Amrullah dan Lucas ditangkap di kawasan Tol Belmera saat tengah beraksi. Sasaran pelaku kejahatan ini adalah mobil pengangkut barang hingga truk tangki bermuatan minyak dengan pungli sebesar Rp10 ribu hingga Rp50 ribu per mobil dan truk.

Baca Juga:  Pelaku Pungli Diduga Tewas di Tangan Polisi, Warga Sumut Ngamuk Blokir Jalan 

Atas aksi pengancaman dan tindakan kekerasan, kini keempat pelaku melanggar Pasal 386 KUHPidana dengan hukuman kurungan penjara maksimal selama 9 tahun lamanya.

Polisi juga tengah mengincar 3 orang lainnya yang di antaranya diduga ketua kelompok pelaku pungli di kawasan Tol Belmera Medan Belawan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini