Ridwan Kamil Pastikan Vaksin Sinovac Tiba dengan Aman di Bio Farma

Agus Warsudi, Koran SI · Jum'at 01 Januari 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 525 2337165 ridwan-kamil-pastikan-vaksin-sinovac-tiba-dengan-aman-di-bio-farma-JAqzNDKQXO.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Okezone)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan kiriman 1,2 juta dosis vaksin Sinovac telah tiba dengan selamat dan aman di PT Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (31/12/2020) sekitar pukul 18.00 WIB. Personel TNI dan Polri mengawal perjalanan vaksin Covid-19 tersebut dari Bandara Soekarno-Hatta hingga tiba di Kota Bandung.

"Pak Kapolda (Irjen Pol Ahmad Dofiri) melaporkan jam 18.00 WIB paket vaksin sudah sampai ke gudang Bio Farma, dikawal kepolisian dan TNI," kata Ridwan Kamil di sela-sela memantau situasi malam tahun baru di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini mengemukakan, vaksin Covid-19 merupakan zat berguna dan vital. Karena itu, pemerintah tidak main-main dalam mengamankan vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Bersejarah, Wisma Atlet Akan Gelar Pernikahan Virtual Gara-Gara Covid-19

PT Bio Farma, ujar Kang Emil, kini menjadi salah satu objek vital dalam memerangi Covid-19 sehingga harus dilakukan pengamanan secara ketat oleh personel TNI dan Polri bersenjata lengkap.

"Jadi pengamanan tidak hanya satpam Bio Farma. Di sana (Bio Farma) juga ada polisi dan TNI untuk memastikan barang itu (vaksin Covid-19) tidak ada gangguan dalam proses perjalanan maupun penyimpanan. Itu jaminan dari kami (Pemprov Jabar)," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, tim gabungan TNI-Polri sebanyak 1.168 dikerahkan untuk mengawal perjalanan vaksin Covid-19 dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju ke kantor pusat PT Bio Farma di Jalan Dr Djunjunan atau Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac itu disimpan dalam 11 kotak berpendingin khusus. Kotak berisi vaksin tersebut kemudian diangkut menggunakan empat truk kontainer.

Baca Juga: Nekat Gelar Pesta Tahun Baru, Bar di Sudirman Jakpus Disegel

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini