Sejumlah Gedung Rumah Sakit di Sulbar Rusak Berat Akibat Gempa M 6,2

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 16 Januari 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 340 2345336 sejumlah-gedung-rumah-sakit-di-sulbar-rusak-berat-akibat-gempa-m-6-2-yOC1B51Dnb.jpg Gedung RS Manakarra runtuh akibat gempa. (Foto: Antara)

JAKARTA - Sejumlah kerusakan akibat gempa bumi berkekuaran Magnitudo 6.2 di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat 15 Januari 2021. Termasuk, beberapa gedung Rumah Sakit (RS) pun dilaporkan mengalami kerusakan. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengungkapkan, kerusakan terjadi di Rumah Sakit Mitra Manakarra dan RSUD Kabupaten Mamuju dengan status rusak berat.

“Serta kerusakan di Pelabuhan Mamuju dan Jembatan Kuning yang berlokasi di Takandeang, Tapalang Mamuju," kata Raditya, Sabtu (16/1/2021).

Sementara itu, di Kabupaten Majene, 300 unit rumah rusak yang masih dalam proses pendataan hingga rilis ini disiarkan. Terdapat beberapa rumah sakit yang masih beroperasi untuk menangani pasien. 

"Selain itu, terdapat tiga rumah sakit yang saat ini aktif untuk pelayanan kedaruratan di Kabupaten Mamuju, antara lain RS Bhayangkara, RS Regional Provinsi Sulawesi Barat dan RSUD Kabupaten Mamuju," ujarnya.  

Baca juga: BNPB Imbau Warga Tetap Waspada Kemungkinan Gempa Susulan di Sulbar

Sebelumnya, nerdasarkan data per 15 Januari 2021 pukul 20.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Provinsi Sulawesi Barat menjadi 42 orang 34 orang.

"Dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majane," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini