Gunung Semeru Keluarkan Asap Hitam Pekat, Berbahayakah?

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 16 Januari 2021 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 519 2345627 gunung-semeru-keluarkan-asap-hitam-pekat-berbahayakah-YRJd6ZfhyU.jpg av

LUMAJANG - Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya. Asap tebal keluar dari puncak gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa ini pada Minggu sore (16/1/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.

(Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Hujan Abu Vulkanik Kejutkan Warga)

Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi membenarkan adanya aktivitas vulkanik Gunung Semeru sebagaimana yang terekam pada video yang viral di media sosial.

"Benar, memang ada panas awan guguran, sekarang sudah berhenti," ungkap Wawan Hadi.

Namun Wawan memastikan awan panas guguran tersebut berjarak cukup jauh dari permukiman warga. "Sekarang berhenti di 4,5 kilometer, masih jauh dari pemukiman, cuma gunung api kan fluktuatif," tuturnya.

Sementara itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyatakan, aktivitas vulkanik yang dikeluarkan Gunung Semeru pada Minggu sore berupa luncuran awan panas guguran.

"Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak 4,5 kilometer dari puncak. Lokasinya di daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan," jawab Cak Thoriq sapaan akrabnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini