Petugas Selamatkan Ular Sanca yang Terjebak di Kabel Listrik

Adi Haryanto, Koran SI · Senin 25 Januari 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 525 2350632 petugas-selamatkan-ular-sanca-yang-terjebak-di-kabel-listrik-a8SZdjJOrN.jpg Petugas selamatkan ular sanca kembang yang terjebak di kabel listrik (Foto : Istimewa)

CIMAHI - Petugas Damkar Kota Cimahi harus berjibaku dengan susah payah untuk mengevakuasi ular jenis Sanca Kembang yang terjebak di jaringan kabel listrik.

Kejadian unik dan sempat menyita perhatian warga itu terjadi di Jalan Babakan Loa RT 02/07 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (25/1/2021).

Ular tersebut terperangkap di jaringan kabel listrik, dengan posisinya melingkar di antara kabel dan tiang listrik. Ular Sanca Kembang itu memiliki diameter 10 sentimeter dan panjang kurang lebih 2,5 meter.

"Kita dapat laporan dari warga soal keberadaan ular yang terjebak di kabel listrik. Anggota langsung ke lokasi dan melakukan penanganan," terang Kasi Penanggulangan dan Penyelamatan pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Muhammad Nur Effendi.

Ketika melakukan evakuasi pihaknya dibantu anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi. Namun saat evakuasi, petugas sempat kesulitan karena posisi ular berada di kabel listrik bertegangan tinggi, yang membuat petugas rawan kesetrum.

Dirinya tidak mengetahui kenapa ular tersebut bisa terjebak di kabel tiang listrik bertegangan tinggi. Apakah karena habitatnya terganggu sehingga mencari sarang baru dikarenakan saat ini musim penghujan, atau karena faktor lain.

Baca Juga : Puluhan Tahun Tak Punya Identitas di Jakarta, Ibu Ini Meninggal Usai Melahirkan

Diakuinya, laporan kebaradan ular memang cukup banyak. Pada tahun 2020 saja, pihaknya menangani 33 ular yang masuk ke rumah dan permukiman warga. Sementara di awal tahun 2021 sudah ada laporan dan berhasil mengevakuasi tiga kejadian ular masuk rumah warga.

"Biasanya kita menggunakan alat khusus, yakni grabstick dan sarung tangan pelindung, untuk evakuasi ular. Sebab kalau ularnya berbisa dikhawatirkan menggigit petugas," terangnya. adi haryant.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini