Aktif Menjaring Engagement di Media Sosial, Semen Tiga Roda Raih Marketing Brands Award 2021 Millennial's Choice

Agustina Wulandari , Okezone · Minggu 21 Februari 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 1 2365628 aktif-menjaring-engagement-di-media-sosial-semen-tiga-roda-raih-marketing-brands-award-2021-millennial-s-choice-lzhhAXxczW.jpg Foto : Dok.Semen Tiga Roda

Tahun 2020 menjadi tantangan bagi semua perusahaan untuk bisa bertahan di tengah menurunnya penjualan produk akibat dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai. Sebagian industri masih berupaya untuk tetap membangun pondasi jangka menengah panjang dengan Research and Development (R&D), branding, serta berbagai upaya go-to-market lainnya.

PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk sebagai produsen Semen Tiga Roda mampu bertahan dan bahkan masih mendapatkan kepercayaan dari konsumen di tengah anjloknya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Salah satu caranya adalah dengan menarik sebanyak mungkin perhatian milenial melalui komunikasi dan activity yang mereka lakukan, serta engagement media sosial dan aset digital mereka. Maka hasilnya, Semen Tiga Roda mampu memperoleh penghargaan dari Iconomics sebagai salah satu Marketing Brands Award 2021 Millennial’s Choice.

Berkat penghargaan tersebut, Semen Tiga Roda merupakan brand atau merek yang paling dekat dan mendapat perhatian penuh dari kalangan milenial pada tahun 2020. General Manager Sales PT Indocement Tunggal Prakarsa, Dion Sumedi mengatakan, Semen Tiga Roda, kaum milenial merupakan inspirasi terbesar dalam berinovasi, khususnya untuk mendapatkan engagement dari masyarakat.

“Tidak hanya sebagai potential customer di masa depan, milenial adalah salah satu inspirasi Semen Tiga Roda untuk terus berinovasi, sehingga kami terus menjaga dan mengelola engagement kami dengan para milenial di Indonesia,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (19/02/2020).

“Jadi kalau ditanya seberapa dekat, maka saat ini Semen Tiga Roda adalah brand semen dengan engagement social media tertinggi di Indonesia. Kami betul-betul mengelola hubungan dengan milenial dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Dion kedekatan Semen Tiga Roda dengan para milenial karena berkat hadirnya platform media sosial yang kini sedang digandrungi oleh mereka. Maka, dengan banyaknya penggunaan pada platform sosial media, Semen Tiga Roda tentu memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendekati pasar milenial.

“Tentunya kami hadir pada platform yang digandrungi oleh para milenial. Interaksi yang fun, edukatif dan juga peduli sesama terus kami galakkan dalam berbagai platform digital bersama milenial,” katanya.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19 selama tahun 2002, Semen Tiga Roda melakukan campaign social media yang semakin mendekatkan dengan kalangan milenial.

“Pada 2020 kami melakukan campaign social media #masternyadirumahaja, di mana 1 video mastery dari netizen kita konversi menjadi bantuan pandemi untuk para tukang bangunan. Kami juga meluncurkan 4 episode webseries petualangan master Ali yang edukatif dan sangat fun,” ujarnya.

“Berbagai challenge juga kita buat seperti #GoyangMaster Challenge dan #KuisMasterAli Dubbing Challenge dan banyak lagi. Tidak hanya fun saja, kami juga membuat webinar edukatif yang diikuti oleh ribuan mahasiswa untuk belajar bareng mengenai update teknologi konstruksi dengan #belajarkonstruksi,” paparnya.

“Kami juga luncurkan masterumah.id sebagai platform persembahan kami untuk komunitas pencinta rumah. Prinsipnya mengikuti Semen Tiga Roda di berbagai platform pasti seru, asyik dan banyak ilmu. Jadi ya, kalau milenial pilih semen Tiga Roda, kami berterima kasih sekali, yang artinya activity yang kita buat bersama disukai para milenial,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan campaign #masternyadirumahaja selama awal pandemi, selaras dengan anjuran dari pemerintah untuk menjalankan kegiatan di rumah, sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Rumah, lanjutnya, merupakan tempat terbaik saat ini.

Hal inilah yang membuat kaum milenial membuat kenyamanan tersendiri di rumah, dengan merenovasi atau merancang rumahnya menggunakan bahan baku Semen Tiga Roda.

“Pandemi selama 2020 telah membuat semua orang banyak berada di rumah termasuk juga para milenial. Rumah jadi tempat perlindungan terbaik saat ini dibandingkan tempat manapun di dunia,” tuturnya.

“Jadi kalau melek properti itu sudah pasti, tidak hanya ingin memiliki, tapi juga ingin merenovasi, merancang, membuat lebih nyaman rumah-rumah mereka. Makanya kalau pada ikut medsosnya Semen Tiga Roda, pasti didominasi oleh edukasi untuk rumah, karena kami tahu ini adalah needs nya para konsumen saat ini, khususnya para millenial,” ujar dia.

Namun, Semen Tiga Roda berkeyakinan bahwa tak hanya melalui platform digital saja yang membuat dekat dengan para milenial. Hal lain yang penting adalah kualitas produk yang sudah terpercaya sejak lama.

“Kami yakin tentunya tidak hanya interaksi di digital platform yang membuat kita dipilih oleh para milenial. Hal lain yang tidak kalah penting adalah tentang kualitas produk, di mana semen Tiga Roda sudah dipercaya dari generasi ke generasi baik pemilik ataupun para tukang bangunan. Reputasi inilah yang menurut kami juga penting bagi para milenial menetapkan pilihannya,” katanya.

“Semen Tiga Roda telah lebih dari 45 tahun dipercaya masyarakat Indonesia, sebagai semen berkualitas dan paling dicari konsumen, hal ini terbukti dengan Semen Tiga Roda selalu menjadi pemimpin pasar nomor 1 di Indonesia. Ini adalah modal yang kuat bagi Semen Tiga Roda,” ujarnya.

Sebelumnya Semen Tiga Roda dinobatkan sebagai salah satu Marketing Brands Award 2021 Millennial’s Choice dari Iconomics pada awal tahun ini. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil mempertahankan ekuitas brand di masa pandemi ini.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini