Warga Lereng Gunung Bromo Temukan Situs Purbakala di Kebun

Hana Purwadi, iNews · Selasa 23 Februari 2021 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 519 2366495 warga-lereng-gunung-bromo-temukan-situs-purbakala-di-kebun-Egg7QB1ROe.jpg Diduga situs zaman majapahit di lereng Gunung Bromo (foto: iNews/Hana)

PROBOLINGGO - Sebuah pondasi kuno diduga situs purbakala peninggalan zaman Majapahit ditemukan warga di kawasan wisata petik stroberi lereng Gunung Bromo, atau tepatnya di Desa Sapi Kerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pondasi kuno tersebut ditemukan saat menggali tanah untuk pengembangan wisata kebun stroberi sekitar sepekan lalu.

 Baca juga: Bersihkan Parit, Warga Temukan Struktur Bangunan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kepala Diskominfo kabupaten Probolinggo, Yulius Christian membenarkan temuan situs tersebut, dan masyrakat mempercayai bahwa situs tersebut peninggalan zaman Majapahit, mengingat Suku Tengger erat kaitanya dengan Kerajaan Majapahit.

"Situs tersebut seperti pondasi kuno, dan ditemukan warga saat menggali tanah di lahan kebun strowberi. Belum bisa dipastikan kebenarannya apakah benda peninggalan majapahit," kata Yulius kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

 Baca juga: Struktur Bangunan Kuno Kembali Ditemukan di Jombang, Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Yulius menambahkan, meski cerita Suku Tengger erat kaitanya dengan Kerajaan Majapahit namun belum bisa dipastikan situs di kebun strobery tersebut peninggalan Kerajaan Majapahit, karena harus ada penelitian dari tim Kepurbakalaan.

"Sebelumnya ditemukan delapan lempengan dan sekarang dibawa ke Trowulan untuk diteliti," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini