Share

Terinspirasi dari Ayah, Remaja Ini Berhasil Ciptakan Sepeda Listrik Canggih

Ervand David, iNews · Minggu 07 Maret 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 525 2373691 terinspirasi-dari-ayah-remaja-ini-berhasil-ciptakan-sepeda-listrik-canggih-419N6Y3MK5.jpg Taufikqul Rahman pembuat sepeda listrik canggih (Foto: tangkapa layar)

BANDUNG - Remaja asal Bandung, Taufikqul Rahman (19) mampu menciptakan sepeda listrik canggih dengan empat fitur terkini dalam kendaraan ciptaannya itu. Bahkan, ia membuat sepeda listrik hanya dalam dua pekan.

Taufik mengatakan, fitur terkini dalam sepeda listrik ciptaannya itu bisa dinyalakan dengan fingerprint, kartu, remote, hingga handphone.

Baca juga: Desainer Ini Rancang Sepeda Listrik Canggih, Naik Bukit Jadi Gampang

"Fiturnya saya nanamin saklarnya dan kontrolnya bisa dinyalakan dengan dengan fingerprint, dengan kartu, dengan remote, dan bisa dikontrol dengan HP," kata Taufik, Minggu (7/3/2021).

Baca juga:

Dia mengatakan, ide pembuatan sepeda listrik didapat dari sekuter listrik ciptaannya saat dikerjakan untuk tugas sekolah saat SMA. Saat itu, dirinya membuat sekuter listrik untuk tugas Fisika.

Baca juga:Sepeda Listrik Harley-Davidson Dibanderol Seharga Rp19,950 Juta

"Waktu saya sekolah dulu ada tugas pratikum Fisika, saya buat tugas beda dari yang lain. Waktu itu sekuter, sekuter ini jadi sekuter listrik pembuatannya seminggu," ujarnya.

Dia juga terinspirasi membuat sepeda listrik karena ayahnya yang kehilangan sepeda. Berbekal pengalamannya itu, Taufik pun membuat sepeda listrik saat mengisi liburan kuliahnya.

"Ide pembuatannya karena sepeda ayah hilang, dia buat sepeda saja, karena butuh juga kan," imbuhnya.

Taufik memastikan, tak ada kesulitan apapun saat pembuatannya sepeda listrik tersebut. Hanya saja, kata dia, pandemi Covid-19 membuat bahan-bahan pembuatan sepeda listrik lebih susah didapat.

Taufik telah memberikan merek Faktor untuk sepeda listrik buatannya. Dia juga telah menargetkan produksi massal sepeda listrik tersebut pada Juli 2021 mendatang.

"Tapi saya ingin melakukan penelitian terkait sepeda ini dari efesiensi dan segala macamnya agar pas diproduksi nggak ada PR lagi," tuturnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini