Aktivitas Masih Tinggi, Kubah Lava Terus Tumbuh di Gunung Sinabung

MNC Media, · Senin 08 Maret 2021 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 608 2374486 aktivitas-masih-tinggi-kubah-lava-terus-tumbuh-di-gunung-sinabung-5MfWGGa0QQ.jpg Gunung Sinabung (Foto: MNC Media)

KARO - Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara hingga hari ini masih menunjukan peningkatan aktivitas, di mana kembali terekam gempa letusan. Selain itu, peningkatan aktivitas juga masih ditandai dengan masih bertumbuhnya terus kubah lava Sinabung.

Letusan Sinabung yang terjadi Senin (8/3/2021) sore tadi, masih terus menunjukkan peningkatan aktivitas di mana pihak vulkanologi petang tadi mencatat telah terjadi di Sinabung, satu kali gempa letusan, delapan kali gempa guguran, dua kali gempa hembusan dan empat kali gempa low frekuensi.

"Secara visual ada asap dari bawah, tingginya 50-200 meter. Intensitasnya tebal, terus masih ada juga guguran lava ke arah selatan dan timur tenggara," ujar petugas PVBMG Iing Kusnadi.

Baca Juga:  Sinabung Kembali Erupsi, Petani Merugi hingga Puluhan Miliar Rupiah

Selain kegempaan, peningkatan aktivitas Sinabung ditandai dengan masih bertumbuhnya terus kubah lava Sinabung yang berpotensi terjadinya kembali guguran awan panas Sinabung.

Pihak PVMBG mengimbau kepada warga maupun wisatawan agar tidak mendekat atau memasuki zona merah Sinabung. Status Sinabung sendiri hingga saat ini masih berstatus Siaga level III.

Baca Juga: 8 Desa Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini