Gunung Ile Lewotolok Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 750 Meter

Joni Nura, iNews · Senin 15 Maret 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 340 2377982 gunung-ile-lewotolok-muntahkan-abu-vulkanik-setinggi-750-meter-3vgi3rnpBQ.jpg Gunung Ile Lewotolok (Foto: PVMBG)

NTT - Gunung Ile Lewotolok kembali erupsi pada Senin (15/3/2021) pagi. Letusan yang diserta suara gemuruh muntahkan abu vulkanik setinggi 750 meter dengan warna asap putih dan kelabu. 

Masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian mengimbau masyarakat Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok.

Baca Juga:  Warga Sekitar Gunung Lewotolok Diimbau Waspadai Lontaran Material Pijar

Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, maka masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ile Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

Abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Gunung Ile Lewotolok. Maka, masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama di saat musim hujan.

Baca Juga:  Gunung Merapi Keluarkan 8 Kali Lava Pijar dan Asap Sulfatara

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos PGA Ile Lewotolok di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. Status gunung api Ile Lewotolok Siaga 3 dan warga di minta selalu waspada.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini