PM Pakistan Puji Rencana Perdamaian Biden

Agregasi VOA, · Kamis 18 Maret 2021 06:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 18 2379623 pm-pakistan-puji-rencana-perdamaian-biden-U211EliR6T.jpg PM Pakistan Imran Khan (Foto: Reuters)

PAKISTAN - Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan memuji Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menekankan upaya mencari penyelesaian politik bagi perang yang sudah berlangsung hampir dua dekade di Afghanistan.

Pada konferensi resmi di Islamabad yang memperdebatkan masalah keamanan nasional, Khan mengatakan Pakistan telah melakukan segalanya untuk mempromosikan proses perdamaian Afghanistan yang dipimpin AS.

“Setelah sekian lama, ada harapan untuk perdamaian di Afghanistan, dan peluang ini datang setelah sekian lama,” terangnya.

(Baca juga: Pasca-Penembakan di Atlanta, Obama: Kekerasan Anti-Asia Harus Diakhiri)

"Pemerintahan Biden juga telah mengakui bahwa konflik

(Afghanistan) sudah berlangsung selama 20 tahun dan tidak boleh berlanjut lagi,” terangnya.

AS menghadapi tenggat waktu 1 Mei untuk menarik pasukannya yang masih tersisa dari Afghanistan sesuai kesepakatan dengan pemberontak Taliban Februari 2020 yang dicapai di bawah mantan Presiden Donald Trump.

(Baca juga: Penembakan 8 Warga di Atlanta, KJRI Houston Minta WNI Tenang)

Rencana perdamaian AS yang dipaparkan Biden pada Rabu mengatakan akan "sulit" bagi AS untuk menarik pasukan dari Afghanistan menjelang 1 Mei. Tetapi jika tenggat waktu diperpanjang, Biden mengatakan tidak akan " terlalu lama."

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini