Seniman Sardono Luruskan Foto Gibran yang Viral dengan Menteri Basuki

Tim Okezone, Okezone · Senin 29 Maret 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 512 2385927 seniman-sardono-luruskan-foto-gibran-yang-viral-dengan-menteri-basuki-XEr4Y3oa9I.jpg Seniman Sardono (Foto: tangkapan layar)

SOLO - Seniman Sardono W Kusumo meluruskan viralnya foto Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang tampak duduk lebih tinggi di banding Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengunjungi MasDon Art Center milik Sardono.

Sardono mengatakan bahwa sebelumnya Gibran bahkan berada di belakang dirinya dan Basuki. Saat itu, Basuki langsung meminta Gibran untuk berada di depan Sardono agar lebih mudah berdiskusi.

"Saya duduk di sini, Pak Basuki di sini, di belakangnya ada Pak Gibran. Karena Pak Gibrannya nggak bisa melihat saya, Pak Basuki nyuruh Pak Gibran di depan saya. Ini tempat duduk di belakang, Mas Gibran duduk di situ," kata Sardono, Senin (29/3/2021).

Baca juga: 5 Potret Anggun Menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda Berkebaya hingga Batik

Dia mengatakan bahwa tempat duduk di tempatnya tidak memiliki meja dengan konsep seperti tempat duduk stadion dan teater. Sehingga, viral Gibran duduk di atas meja merupakan hoaks.

Baca juga: Proyek Bendungan Tamblang Dikebut, Menteri Basuki: Tambah Tampungan Air di Bali

"Ini ada tiga tingkat bangku penonton, Gibran ada di belakang saya. Saya sama Pak basuki di depan, karena kita bicara. Jadi sebenarnya bangku ini seperti di stadion, di teater, tidak ada meja," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah foto Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga putra Presiden Joko Widodo mendadak ramai dibicarakan di media sosial.

Pasalnya, saat berdiskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sabtu 27 Maret 2021, Gibran terlihat duduk lebih tinggi dibanding lawan bicaranya.

Dalam foto dan video yang viral, terlihat Gibran duduk di level yang lebih atas dibandingkan Basuki dan seniman Sardono W Kusumo. Saat itu mereka tengah berada di MasDon Art Center milik Sardono.

Dalam berita viral menulis bahwa Gibran duduk di atas meja, sedangkan Basuki di kursi sehingga Gibran tampak duduk lebih tinggi. Berita lainnya bahkan menyebut jika Gibran tidak beradab karena duduk di atas meja di depan Menteri Basuki.

Menanggapi foto tersebut, Gibran pun menegaskan kabar viral tersebut sangatlah salah dan tidak benar.Kata dia, tempat yang didudukinya bukanlah meja, melainkan kursi penonton pertunjukan seni di MasDon Art Center yang memang berlevel. Ketinggian kursi penonton semakin ke depan semakin rendah.

"Saya enggak duduk di meja. Semua kursi seperti tribun dan di depannya ada panggung," kata Gibran.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini