Nenek 100 Tahun Ikut Jadi Korban Kebakaran Kilang Minyak Balongan Indramayu

Fathnur Rohman, Okezone · Senin 29 Maret 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 525 2385966 nenek-100-tahun-ikut-jadi-korban-kebakaran-kilang-minyak-balongan-indramayu-64LQGxQjjt.jpg Foto: Fathnur Rohman

INDRAMAYU - BPBD Kabupaten Indramayu mencatat, sedikitnya 15 orang korban mengalami luka ringan akibat persitiwa kebakaran tangki kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan. Dari jumlah ini, salah satu di antaranya adalah seorang nenek berusia 100 tahun.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dodi Dwi Endrayadi mengatakan, korban tersebut bernama Tiah. Hingga saat ini, pihaknya masih mendata alamat lengkap korban.

Menurut Dodi, pasca kejadian korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Ia memastikan, Tiah dalam kondisi baik.

"Korban luka ringan semuanya dapat perawatan di rumah sakit tadi pagi. Jadi dipastikan sudah kembali. Tapi kita tidak tahu dia mengungsi atau tidak," kata Dodi kepada MNC Portal Indonesia, Senin (29/3/2021).

Disampaikannya, kejadian ledakan ini terjadi sekira pukul 00.45 WIB. Ia menuturkan, terdapat lima desa yang terdampak kejadian kebakaran itu. Lima desa tersebut ialah Desa Rawadalem, Desa Sukareja, Desa Tegalurung, Desa Balongan, dan Desa Sukaurip.

Baca Juga: 6 Kilang Minyak Pertamina yang Penah Alami Kebakaran Hebat

"Desa yang terdampak ada 5 desa. Desa terdampak itu karena getaran sehingga ada kerusakan dan kami belum asesment berapa jumlahnya yang rusak. Radiusnya desa-desa itu tidak terlalu jauh kurang dari 5 km," ujar dia.

Kebakaran tangki kilang minyak ini, kata dia, diduga disebabkan oleh adanya kebocoran gas yang sudah terjadi sejak pukul 23.00 WIB. Bau gas menyengat itu tercium oleh warga yang kemudian melapor ke pihak Pertamina.

Dia menambahkan, sebelum kebakaran sempat ada ledakan yang terjadi sebanyak tiga kali, dengan kekuatan pertama sedang dan seterusnya berkekuatan besar.

"Kondisi saat ini kebakaran masih terjadi dan warga sekitar sudah diungsikan di tiga lokasi," ucap dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini