Dituduh Lakukan Spionase, Italia Usir Dua Diplomat Rusia

Agregasi VOA, · Kamis 01 April 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 18 2387637 dituduh-lakukan-spionase-italia-usir-dua-diplomat-rusia-MRZleNoGcX.jpg Kedutaan Besar Rusia di Roma, Italia (Foto: Reuters)

ITALIA - Italia  mengusir dua diplomat Rusia dan menangkap seorang kapten angkatan laut Italia, pada Selasa (30/3) atas dugaan keterlibatan dalam spionase.

Menurut sejumlah laporan berita, beberapa diplomat itu diusir pada Rabu (31/3).

Polisi Italia menyatakan kapten dan seorang pejabat Kedutaan Besar Rusia ditangkap di tempat parkir di Roma dengan tuduhan melakukan "kejahatan serius terkait dengan mata-mata dan keamanan negara."

Reuters melaporkan seorang pejabat polisi Italia memberitahu bahwa kapten itu bernama Walter Biot dan dituduh memberikan informasi dengan imbalanUSD5.900 (Rp86 juta).

Polisi Italia menyampaikan penangkapan itu merupakan hasil investigasi panjang oleh sejumlah pejabat keamanan dan militer nasional.

(Baca juga: Pabrik Salah Campur Bahan, 15 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Rusak)

Setelah penangkapan itu, Italia memanggil duta besar Rusia. Dua pejabat Rusia yang diduga terlibat dalam insiden itu kemudian dipulangkan.

Reuters melaporkan Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio menyebut insiden itu "sangat serius".

Biot, 54, dilaporkan bekerja di kementerian pertahanan pada departemen yang bertugas mengembangkan kebijakan keamanan nasional dan menjaga hubungan dengan sekutu Italia.

Menurut Reuters, kantor berita Rusia menyatakan dua pejabat yang dipulangkan itu bekerja di kantor atase militer kedutaan.

(Baca juga: PBB: Kudeta Militer Myanmar Perburuk Perdagangan Narkoba di Mekong)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini